Mari Berbagi Membangun Bangsa di Bumi Indonesia

 J. Hariadi Widiarta, ASAK-MBK  |     11 May 2014, 08:50   |  

http://goo.gl/AI2A1F

Dalam hitungan tahun, ASAK MBK memasuki tahun ketiga sejak diteguhkan dalam Perayaan Ekaristi Kudus. Tahun ajaran 2012-2013 telah dibantu 116 anak dan pada tahun ajaran sekarang (2013-2014) 153 putra-putri MBK telah terbantu untuk melanjutkan pendidikan mereka. Putra-putri MBK yang akan melanjutkan kehidupan mereka dalam karya, baik di MBK, di Jakarta, di Indonesia bahkan mungkin di dunia. Sebagaimana orang bijak mengatakan: "Pendidikan adalah tiket ke masa depan. Hari esok dimilik oleh orang-orang yang mempersiapkan dirinya sejak hari ini."

 

Gerakan "Ayo Sekolah - Ayo Kuliah" (ASAK) merupakan upaya melibatkan banyak pihak dan banyak orang untuk ikut serta menanggung beban pendidikan putra-putri kita yang memang tidak murah. Gerakan kepedulian ini melibatkan Para Penyantun ASAK, Lembaga Pendidikan, Para Donatur dan Para Orangtua dari Anak Santun ASAK sendiri.

Mengapa harus ada empat pihak (tepatnya lima pihak, bila Pengurus ASAK-MBK ikut dihitung) yang terlibat untuk menyekolahkan seorang anak ASAK? Gagasan dasarnya adalah Arahan Dasar Keuskupan kita, yaitu "Mari Berbagi dan Berbelarasa." Para Penyantun ASAK telah mengambil peran dengan kesediaan memberi santunan setiap bulan sebesar Rp. 200.000,- untuk Ayo Sekolah dan Rp. 400.000,- untuk Ayo Kuliah. Kita ketahui bersama, santunan tersebut tidak akan mencukupi untuk biaya pendidikan seorang anak.

Pengurus ASAK berupaya untuk meminta kesediaan Lembaga Pendidikan (pihak Sekolah dan Universitas) memberi keringanan dan beasiswa. Inilah wujud berbagi dari pihak Lembaga Pendidikan dalam Gerakan ASAK. Berbagai upaya ini telah "menekan" biaya, namun tetap saja, secara rata-rata nilai yang harus dikeluarkan dari kas ASAK untuk setiap anak per bulan, berkisar antara 1,5 hingga 1,7 kali nilai yang diterima dari Para Penyantun di atas. Nilai itupun masih di luar biaya transportasi yang tetap menjadi tanggungan para Orangtua anak-anak ASAK.

Oleh karena itu, masih ada bagian sebesar 50% hingga 70% dari nilai santunan yang telah diberikan Para Penyantun, yang ingin kami tawarkan kepada Para Donatur untuk ikut berbagi di dalam Gerakan ASAK ini.

Pada hari Sabtu dan Minggu mendatang, Tim ASAK-MBK akan menyampaikan tawaran ini dalam bentuk Amplop Donasi, di setiap Misa di Gereja MBK. Dan pada minggu berikutnya Tim ASAK akan berkunjung ke Stasi Taman Anggrek dan Mediterania.

Mari Berbagi, mari bersatuhati dan berpartisipasi mempersiapkan putra-putri kita di Paroki MBK, agar terus bertumbuh dan berkembanglah Bangsa Indonesia yang lebih baik, lebih berkarya, lebih bermutu dan lebih sejahtera.

Lihat Juga:

Artikel Lainnya...

Renungan Harian

Selasa, 20 Agustus 2019

PW S. Bernardus, Abas dan Pujangga Gereja Bacaan Pertama Hak 6:11-24a Pada zaman para hakim datanglah malaikat Tuhandan duduk di bawah pohon...

Selengkapnya

Jadwal Misa Rutin

Sabtu Pukul 16:30
  Pukul 19:00
 
Minggu Pukul 06:30
  Pukul 09:00
  Pukul 11:30
  Pukul 16:30
  Pukul 19:00

Selengkapnya

Kalender Liturgi