Selasa, 2 Juli 2019

 Jaka Sugi  |     1 Jul 2019, 18:00   |  

Hari Biasa Pekan XIII

"Orang yang memiliki hati nurani suci, tidak mengejar kesenangan hati manusia" (St. Agustinus)

Antifon Pembuka (Mzm 26:3.11b)

Mataku tertuju kepada kasih setia-Mu, dan aku hidup dalam kebenaran-Mu. Bebaskanlah aku dan kasihanilah aku.

Doa Pembuka


Allah Bapa Raja Kedamaian, semoga Kauhalau segala paksaan dan penindasan dari dunia kami ini. Curahkanlah Roh-Mu, agar terusirlah rasa dendam, benci, dan iri hati dan perbaruilah dunia dan kami dalam kedamaian sejati. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

Bacaan dari Kitab Kejadian (19:15-29)

 

"Tuhan menurunkan hujan belerang dan api ke atas Sodom dan Gomora."


Pada suatu pagi, di saat fajar menyingsing dua malaikat Tuhan mendesak Lot, agar segera berangkat, katanya, "Bangunlah, bawalah istrimu dan kedua anakmu yang ada di sini, supaya engkau jangan sampai mati lenyap karena kedurjanaan kota ini." Ketika Lot berlambat-lambat, maka tangannya, tangan istri dan kedua anaknya dipegang oleh kedua orang itu, sebab Tuhan hendak mengasihani dia. Lalu kedua orang itu menuntunnya ke luar kota dan melepaskannya di sana. Kemudian berkatalah salah seorang dari mereka, "Larilah, selamatkanlah dirimu. Janganlah menoleh ke belakang, dan janganlah berhenti di mana pun di Lembah Yordan. Larilah ke pegunungan, supaya engkau jangan mati binasa." Kata Lot kepada mereka, "Janganlah kiranya demikian, Tuanku. Sungguh, hambamu ini telah dikaruniai belas kasihan di hadapanmu, dan Tuanku telah berbuat kemurahan besar kepadaku dengan memelihara hidupku. Tetapi jika aku harus lari ke pegunungan, aku pasti tersusul oleh bencana itu, sehingga matilah aku. Lihatlah di sana ada kota yang cukup dekat, kota itu kecil! Izinkanlah aku lari ke sana. Bukankah kota itu kecil? Jika demikian, nyawaku akan terpelihara." Sahut malaikat itu kepadanya, "Baiklah, permintaanmu ini pun kukabulkan. Kota yang kausebut itu takkan kujungkirbalikkan! Cepatlah, larilah ke sana, sebab aku tidak dapat berbuat apa-apa, sebelum engkau sampai ke sana." Itulah sebabnya nama kota itu disebut Zoar. Matahari telah terbit menyinari bumi, ketika Lot tiba di Zoar. Kemudian Tuhan menurunkan hujan belerang dan api dari langit atas Sodom dan Gomora. Api itu berasal dari Tuhan. Tuhan menunggangbalikkan kota-kota itu, dan seluruh Lembah Yordan serta semua penduduk kota dan tumbuh-tumbuhan di ladang. Tetapi istri Lot yang berjalan di belakang suaminya, menoleh ke belakang, lalu berubahlah ia menjadi tiang garam. Pagi-pagi Abraham pergi ke tempat ia berdiri di hadapan Tuhan. Ia memandang ke arah Sodom dan Gomora serta ke seluruh tanah Lembah Yordan. Maka dilihatnya asap dari bumi membubung ke atas seperti asap dari dapur peleburan. Pada waktu Allah memusnahkan kota-kota di Lembah Yordan dan menunggangbalikkan kota-kota kediaman Lot, Allah ingat akan Abraham, sehingga Ia menyelamatkan Lot dari tengah-tengah tempat yang ditunggangbalikkan-Nya itu.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan
Ref. Ya Tuhan, mataku tertuju kepada kasih setia-Mu.
Ayat. (Mzm 26:2-3.9-10.11-12)
1. Ujilah aku, ya Tuhan, dan cobalah aku, selidikilah batinku dan hatiku. Sebab mataku tertuju pada kasih setia-Mu, dan aku hidup dalam kebenaran-Mu.
2. Janganlah mencabut nyawaku bersama-sama orang berdosa, atau memotong hidupku bersama-sama penumpah darah, yang pada tangannya melekat perbuatan mesum, dan tangan kanannya menerima suapan.
3. Tetapi aku ini hidup dalam ketulusan; bebaskanlah aku dan kasihanilah aku. Kakiku berdiri di tanah yang rata; aku mau memuji Tuhan dalam jemaat.

Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya
Ayat. (Mzm 129:5)
Aku menanti-nantikan Tuhan, jiwaku mengharapkan sabda-Nya.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius (8:23-27)

"Yesus bangun, menghardik angin dan danau, maka danau menjadi teduh sekali."

Pada suatu hari Yesus naik ke dalam perahu, dan murid-murid-Nya mengikuti Dia. Sekonyong-konyong mengamuklah angin ribut di danau itu, sehingga perahu ditimbus gelombang. Tetapi Yesus tidur. Maka murid-murid-Nya membangunkan Dia, katanya, "Tuhan, tolonglah, kita binasa!" Yesus berkata kepada mereka, "Mengapa kalian takut, hai orang yang kurang percaya!" Lalu bangunlah Yesus menghardik angin dan danau. Maka danau menjadi teduh sekali. Dan heranlah orang-orang itu, katanya, "Orang apakah Dia ini, sehingga angin dan danau pun taat kepada-Nya?"
Inilah Injil Tuhan kita!
U. Sabda-Mu sungguh mengagumkan!

Renungan


Homoseksualitas adalah hubungan antara para pria atau wanita, yang merasa diri tertarik dalam hubungan seksual, semata-mata atau terutama, kepada orang sejenis kelamin. Homoseksualitas muncul dalam berbagai waktu dan kebudayaan dalam bentuk yang sangat bervariasi. Asal-usul psikisnya masih belum jelas sama sekali. Berdasarkan Kitab Suci yang melukiskannya sebagai penyelewengan besar Bdk.Kej 19:1-29; Rm 1:24-27; 1 Kor 6:10; 1 Tim 1:10., tradisi Gereja selalu menjelaskan, bahwa "perbuatan homoseksual itu tidak baik" (CDF, Perny. "Persona humana" 8). Perbuatan itu melawan hukum kodrat, karena kelanjutan kehidupan tidak mungkin terjadi waktu persetubuhan. Perbuatan itu tidak berasal dari satu kebutuhan benar untuk saling melengkapi secara afektif dan seksual. Bagaimanapun perbuatan itu tidak dapat dibenarkan. (Katekismus Gereja Katolik, 2357)

Gerakan revolusi seksual yang terus-menerus ke dalam kebingungan yang semakin dalam telah membuat banyak umat Kristen bingung sendiri. Tetapi seharusnya tidak ada kebingungan juga tidak ada perbedaan pendapat yang diizinkan oleh setiap Katolik (awam atau klerus) dari ajaran Gereja tentang seksualitas manusia. Baik Alkitab maupun doktrin Gereja sangat jelas bahwa semua bentuk persatuan seksual terlarang, baik perzinahan, percabulan, atau tindakan homoseksual, adalah berdosa dan tidak dapat dengan cara apa pun disetujui.

Beberapa umat Katolik secara jelas berselisih karena penolakan mengetahui dan disengaja pengajaran Gereja, tetapi perbedaan pendapat yang lain lebih disebabkan oleh kebingungan yang disebabkan oleh budaya yang keras dan mimbar yang tenang.

Khususnya yang bisa disalahkan adalah diakon, imam, atau uskup yang menyebarkan kesalahan baik dengan pernyataan langsung, ambiguitas yang disengaja, atau kebijakan yang dipertanyakan yang menawarkan belas kasihan tanpa merujuk pada pertobatan yang diperlukan. Mengasihi semua orang berdosa adalah pekerjaan Gereja yang konstan. Semua orang berdosa pantas mendapatkan cinta dan perhatian, serta perhatian pastoral yang penuh hormat. Tetapi menyebut yang baik apa yang Allah sebut berdosa, apakah dengan pernyataan langsung atau kebingungan, itu bukan mengasihi orang berdosa; itu adalah malpraktek. Kita semua, imam dan umat awam, dipanggil untuk menjadi nabi Allah, menyebarkan ajaran-Nya; kita sebaiknya mengingat bahwa suatu hari kita harus bertanggung jawab kepada-Nya. Daya tarik seks yang sama telah ada di dunia sejak zaman Sodom dan Gomora, sebagaimana dirujuk dalam Perjanjian Lama. Sebagai orang Katolik, kita dipanggil untuk mengasihi kaum homoseksual dan berdoa untuk mereka, tetapi itu tidak berarti bahwa kita harus mengikuti agenda mereka. Baik Sodom maupun Gomora dihancurkan karena homoseksualitas, bukan karena "kurangnya keramahtamahan" kepada para malaikat, seperti yang mungkin Anda yakini oleh propaganda saat ini.

Berapa banyak orang saat ini "bergaul dengan rukun" dengan agenda homoseksual radikal dengan merangkul apa yang disebut "perkawinan homoseksual?" Adalah suatu kebajikan untuk merangkul dosa; alih-alih, ini adalah sifat buruk. Setan telah menyamarkan agenda radikal ini, yang mengolok-olok perjanjian Allah yang pertama dengan umat manusia, pernikahan (Adam dan Hawa), sebagai masalah hak-hak sipil alih-alih masalah moral. Gerakan homoseksual radikal juga mengolok-olok perjanjian dengan Nuh, dengan menggunakan bendera pelangi sebagai standar mereka. Alkitab juga mengatakan dalam 2 Petrus 3:10 bahwa dunia berakhir dengan api. Menurut pendapat kami, itu karena bangsa menjadi seperti Sodom dan Gomora, dan oleh karena itu, kita pada akhirnya akan mendapatkan hukuman yang sama persis.

G.K. Chesterton pernah berkata,

"Hanya benda mati yang mengapung dengan arus; dibutuhkan makhluk hidup untuk berenang melawannya. "

Toleransi kejahatan tidak pernah merupakan kebajikan; alih-alih, itu selalu bersifat buruk. Budaya abad 21 modern kita sekarang MENUNTUT bahwa kita mentolerir kejahatan dan mengabaikan Kitab Suci dan Tradisi. Hanya yang sangat kuat di antara anak-anak Yesus yang akan selamat dari serangan keji psikologis ini, melalui doa, rosario, Komuni Suci yang sering, dan pembacaan Alkitab setiap hari.

Kehidupan rohani yang terbangun dari kehidupan doa dan sakramen menjadi sangat penting, karena begitu banyak gelombang yang menimpa kehidupan kita. Tanpa kehidupan doa yang baik, maka perahu kehidupan kita juga akan goncang. Tanpa kehidupan doa yang baik, maka perahu karya kerasulan kita juga akan tergoncang. Bahkan, kalau perahu adalah lambang Gereja, tanpa kehidupan doa yang baik dari anggota Gereja, maka Gereja juga akan tergoncang. Dan inilah yang terjadi ketika terjadi masa-masa sulit dalam sejarah Gereja. Namun, Tuhan yang telah berjanji untuk melindungi Gereja-Nya sampai akhir zaman (lih. Mat 16:18; Mat 28:19-20), tidak pernah meninggalkan Gereja Katolik, sehingga pada saat-saat yang sulit, Tuhan mengirimkan santa-santo yang turut membangun Gereja dari dalam. Gerbang neraka tidak akan menang melawan Gereja (lih. Mat 16:18). Yesus menjanjikan semua itu. Tetapi tidak ada tempat di mana Dia berjanji bahwa tidak akan ada kerugian besar jiwa-jiwa dalam perselisihan itu. Sekarang adalah waktunya, ini adalah tempat, untuk menyatakan diri kita satu dengan Kristus.(RENUNGAN PAGI)

Antifon Komuni (Mat 8:25-26)

Para murid membangunkan Yesus dan berkata, "Tuhan, tolonglah, kita binasa!" Yesus bangun dan berkata, "Mengapa kalian takut, hai orang-orang yang kurang percaya?"

Lihat Juga:

Renungan Harian Lainnya...

Jadwal Misa Rutin

Sabtu Pukul 16:30
  Pukul 19:00
 
Minggu Pukul 06:30
  Pukul 09:00
  Pukul 11:30
  Pukul 16:30
  Pukul 19:00

Selengkapnya

Kalender Liturgi