Pengantar APP 2017 Amalkan Pancasila: Makin Adil, Makin Beradab

 JA Gianto  |     25 Feb 2017, 13:44

Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) melalui Uskup Ignatius Suharyo menyadari sepenuhnya bahwa tekanan untuk mengganti Pancasila di Preambule UUD 45 semakin kuat. Ada pihak tertentu ingin agar 'Pancasila Piagam Jakarta' yang diberlakukan. Padahal selama ini terbukti 'Pancasila UUD 45' sudah mengantar bangsa Indonesia merdeka dan menjaga NKRI tetap utuh menghadapi segala tantangan. Oleh karena itu, KAJ melalui ARAH DASAR 2016-2020 (ARDAS) mengajak seluruh umat untuk memahami, menghayati, mengamalkan dan membela Pancasila karena nilai-nilai luhur dalam Pancasila sesuai dengan TERANG SABDA ALLAH.

ARDAS KAJ selalu bergerak dari tahun ke tahun untuk mengamalkan Pancasila selama 5 tahun. Tahun 2016 sudah dimulai dengan tema AMALKAN PANCASILA: KERAHIMAN ALLAH MEMERDEKAKAN. Pokok bahasan berpusat sila pertama 'Ketuhanan Yang Maha Esa'. Tahun 2017 KAJ mengajak umat mendalami sila kedua 'Kemanusiaan yang Adil dan Beradab' yang dibuka dalam tema utama APP 'AMALKAN PANCASILA: MAKIN ADIL, MAKIN BERADAB'.

Harapannya, umat berani bertindak keluar. Lihat Yohanes 20:26. Delapan hari kemudian, murid-murid itu sekali lagi berkumpul di sana, dan pintu-pintu masih tertutup. Lalu Yesus masuk, berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata, "Damai sejahtera bagi kamu!" Mereka dalam suasana takut. Pintu-pintu masih tertutup. Semua terkunci rapat. Yesus datang menyapa, meneguhkan, meyakinkan mereka akan kebangkitan-Nya. Pesan paling mendasar adalah, "Mari KELUAR...wartakan kabar sukacita-Ku".

Paus Fransiskus memaknai kisah tersebut secara sangat mendalam dan mengatakan, "Sejak awal, Yesus menginginkan para rasul-Nya BERGERAK." Jangan diam. Bergerak, dan mulailah dengan masuk dalam 'duka dan derita' umat. Dalam konteks sekarang, beliau mengatakan, "Gereja pun harus mulai BERGERAK. Menjadi sebuah Gereja yang keluar ke dunia. Sebab SANG GURU telah memberi teladan dengan datang ke dunia untuk berkuasa, tetapi sebagai seorang hamba. Ia datang tidak untuk dilayani, melainkan untuk melayani, dan membawa Kabar Baik.'

Masa APP 2017 dimulai Rabu 1 Maret 2017, umat KAJ diajak untuk 'MEMBUKA PINTU LEBAR-LEBAR. MULAI BERGERAK DAN JALAN KELUAR. Jangan terbuai dalam kenyamanan dan bahkan sudah merasa aman.' Ada empat pertemuan untuk merenungkan tema utama dan melakukan aksi nyata.

  • Pertemuan I: MEMBANGUN SIKAP ADIL DAN BERADAB DALAM KELUARGA
  • Pertemuan II: SEMAKIN ADIL DAN BERADAB DALAM KASIH ALLAH DI KOMUNITAS LINGKUNGAN
  • Pertemuan III: GEREJA SEMAKIN ADIL TERHADAP YANG TERSISIH
  • Pertemuan IV: MEMBANGUN SIKAP ADIL DAN BERADAB DALAM MASYARAKAT.

Semoga masa Prapaskah diisi dengan kegiatan yang menumbuhkan iman dan tindakan-tindakan nyata kepada sesama. Tuhan memberkati.

(JA Gianto. Sumber: Materi APP 2017 KAJ)

Lihat Juga:

APP (WM) Lainnya...

Renungan Harian

Rabu, 23 Januari 2019

Hari Biasa Pekan II Hari Sabat adalah akhir dari penciptaan yang pertama, sedangkan hari Tuhan adalah awal dari penciptaan yang kedua, di mana Ia...

Selengkapnya

Jadwal Misa Rutin

Sabtu Pukul 16:30
  Pukul 19:00
 
Minggu Pukul 06:30
  Pukul 09:00
  Pukul 11:30
  Pukul 16:30
  Pukul 19:00

Selengkapnya

Kalender Liturgi