Catatan

  1 Jan 2017, 05:02

Tidak terasa, tahun 2016 telah lewat. Ini berarti, tim Warta Minggu telah melayani selama 6 bulan sejak dilantik Dewan Paroki Harian (DPH) Paroki Tomang, Gereja Maria Bunda Karmel (MBK). Ada catatan kaki yang telah dibuat WM selama enam bulan, secara perlahan mengalami perubahan. Dari hitam putih menjadi berwarna.

Catatan

Mengapa harus berwarna? Catatan yang pertama, efisien kertas. Sebelum WM berwarna, brosur, flyer, leaflet, poster, katalog dan lainnya yang rata-rata berwarna (full-colour) banyak ditemukan dan disebar di gereja MBK.

Setiap minggu, gereja kebanjiran kertas yang pada akhirnya menjadi sampah. Dengan WM edisi berwarna, brosur, flyer, katalog, leaflet dan bentuk informasi kegiatan lain tidak perlu mencetak lagi. Cukup dimuat di WM.

Dengan WM edisi berwarna, terbukti pencetakan untuk flyer, katalog, leaflet dan kertas-kertas informasi kegiatan lain, bisa ditekan. Ini berarti efisiensi.

Catatan kedua, keterlibatan umat. Dengan edisi berwarna, terbukti keterlibatan umat untuk ikut menulis semakin banyak. WM pun kebanjiran artikel. Keterbatasan halaman membuat, artikel kiriman umat harus menunggu giliran. Namun, WM mempunyai solusi tepat guna, yaitu dengan menciptakan WM QR-CODE.

WM QR-CODE (Quick Response) Code, merupakan aplikasi yang mampu menyimpan data yang lebih besar lewat sebuah kode. Data WM selama enam bulan begitu banyak, tidak hanya berbentuk teks saja, namun juga berbentuk Image, Video dan Audio.

WM cetak hanya mampu menampung informasi berbentuk teks dan image (foto), sementara informasi berbentuk video dan audio tidak bisa dimuat di WM edisi cetak. Itulah salah satu solusi, yang dilakukan WM agar semua bentuk informasi yang melibatkan seluruh umat Paroki Tomang, Gereja MBK bisa dinikmati.

Catatan ketiga, WM selama enam bulan telah melakukan transformasi komunikasi. Dari hanya WM cetak saja menjadi multi flatform, menjadi integrated media komunikasi. Lewat QR-Code, umat bisa memindai informasi WM lain yang berupa (foto-video-audio-medsos) dan lainnya lewat smartphone.

Catatan lain, tahun 2017 telah di depan mata. Harapan kami (kru WM) bisa menciptakan sebuah lahan untuk magang (internship) untuk orang muda Katolik (OMK), yang tertarik tulis-menulis, fotografi, videografi, art desain maupun web desain, untuk bergabung bersama kami melayani.

Selamat Tahun Baru 2017

Lihat Juga:

Editorial (WM) Lainnya...

Renungan Harian

Sabtu, 16 Desember 2017, Hari Biasa Pekan II Adven

Bacaan dari Kitab Putra Sirakh (48:1-4.9-11) Dahulu kala tampillah Nabi Elia bagaikan api. Perkataannya membakar laksana obor. Dialah yang...

Selengkapnya

Jadwal Misa Rutin

Sabtu Pukul 16:30
  Pukul 19:00
 
Minggu Pukul 06:30
  Pukul 09:00
  Pukul 11:30
  Pukul 16:30
  Pukul 19:00

Selengkapnya

Kalender Liturgi