Mencoba

  4 Sep 2017, 01:56

Ada pepatah mengatakan, keberhasilan akan datang, jika terus mencoba dan mencoba tanpa lelah. Dan itu telah dibuktikan Mandy Harvey (29) dalam America's Got Talent (AGT). Sepuluh tahun lalu, Mandy tuli total. Mandy tidak terlahir tuli, dia menderita kelainan jaringan syaraf pendengar, sehingga pada usia 8 tahun, pendengarannya hilang sama sekali. Padahal, gadis cantik ini memiliki talenta menyanyi sejak usia 4 tahun.

Selama sepuluh tahun, Mandy terus mencoba dan mencoba menemukan kembali cara untuk bernyanyi sekalipun ia tuli. Mencoba berlatih dan mengingat pergerakan otot dari organ-organ penghasil suara saat suatu nada dibunyikan. Dengan bantuan alat tuner dan kegigihan, Mandy berhasil mengalahkan keterbatasannya.

Wanita kelahiran Ohio, Amerika Serikat, 2 Januari 1988 ini memenangkan AGT dengan mendapatkan Golden Buzzer, sebuah predikat prestisius yang diberikan Simon Cowell. Predikat Golden Buzzer ini memungkinkan peserta langsung mendapatkan kesempatan live show tanpa harus mengikuti tahapan audisi selanjutnya. Live show sebenarnya merupakan acara puncak, yang menjadi hak bagi para calon juara AGT.

Langkah berbeda ditempuh Donald Taylor "Don" Ritchie. Don Ritchie, begitu orang memanggil - sudah meninggal dunia pada 2012 di usia 86 tahun - menekuni kegiatan unik di sekitar wilayah rumahnya di pinggir pantai, yang bertebing curam nan berbahaya. Tebing curam dengan batu besar dan ombak air laut siap menerkam siapa saja yang ingin mengakhiri hidupnya.

Pria kelahiran Vaucluse, New South Wales, Australia, 9 Juni 1925 ini telah dinobatkan sebagai malaikat penyelamat. Menurut hitungan pemerintah daerah setempat, Don Ritchi telah menyelamatkan 160 nyawa orang yang berniat bunuh diri. Sementara, menurut hitungan keluarganya, selama 45 tahun menekuni kegiatan unik tersebut, tak kurang 500 nyawa telah diselamatkan Don Ritchie.

Don Ritchie selalu mencoba mengajak bicara orang-orang yang ingin bunuh diri tersebut, dengan sapaan penuh senyum dan kasih. Dia terus mencoba dan mencoba sampai mereka yang ingin bunuh diri mengurungkan niatnya. Atas jasanya, pemerintah Australia memberi anugerah Medal of the Order of Australia, Local Hero Award for Australia, Citizens of the Year for 2010 by Woollahra Council dan masih banyak lagi penghargaan yang diterimanya.

Mencoba menolong orang yang ingin bunuh diri. Mencoba terus berlatih agar bisa menyanyi meskipun tuli, ada sebuah kegiatan positif. Mari kita berusaha mencoba lebih banyak mendengar dan membaca. Mengucapkan serta men-share perkataan-perkataan dan ujaran-ujaran yang baik dan positif, agar tercipta suasana lebih damai.

Lihat Juga:

Editorial (WM) Lainnya...

Renungan Harian

Rabu, 22 November 2017, Peringatan Wajib Sta. Sesilia, Perawan dan Martir

Bacaan dari Kitab Kedua Makabe (7:1.20-31) Pada waktu itu ada tujuh orang bersaudara beserta ibunya ditangkap. Dengan siksaan cambuk dan rotan mereka...

Selengkapnya

Jadwal Misa Rutin

Sabtu Pukul 16:30
  Pukul 19:00
 
Minggu Pukul 06:30
  Pukul 09:00
  Pukul 11:30
  Pukul 16:30
  Pukul 19:00

Selengkapnya

Kalender Liturgi