Panggilan

  6 May 2017, 13:48

Banyak orang Katolik yang kadang mengartikan 'panggilan' adalah menjadi Biarawan dan Biarawati. Menjadi Pastor, Bruder, atau Suster. Jarang orang berkata atau bahkan menjadari bahwa ada panggilan khusus untuk menjadi 'awam'.

Panggilan itu sebenarnya kehendak Tuhan, hanya mampukan kita peka terhadap kehendak Tuhan tersebut, seperti yang dilakukan Budi Soehardi, mantan pilot Garuda Indonesia (1976-1989), Korean Air (1989-1998), dan Singapore Airlines (1998-2015).

A Father to the Forgotten, (Ayah bagi mereka yang terlupakan), begitulah julukan yang diberikan CNN (The Cable News Network) kepada Budi Soehardi (61), dalam sebuah program CNN Heroes, pada 2009. Budi menjadi satu-satu orang Indonesia, bahkan pemerintah Indonesia pun tidak tahu Budi memperoleh penghargaan.

The Top 10 CNN Heroes ialah penghargaan istimewa tahunan dari CNN untuk mengapreasi orang-orang yang dianggap memberikan kontribusi besar dalam kemanusiaan. Ajang ini digelar sejak 2007. Saat aktris Kate Hudson memperkenalkan Budi Soehardi dan mempersilakan naik ke atas panggung Kodak Theatre Hollywood, Los Angeles, 2009, wajah Budi dipenuhi keharuan.

Semua itu berawal dari ketidaksengajaan saat dia dan keluarga menyaksikan tayangan kamp pengungsi Timtim di Atambua yang sangat menyedihkan. Melihat itu, Budi dan keluarga yang sedang makan dan merencanakan liburan keliling dunia mendadak jadi tidak berselera makan. Mereka 'tidak sampai hati' untuk memakan makanan lezat yang sudah disuguhkan, sedangkan di Atambua ada ratusan pengungsi yang kelaparan dan hidup memprihatinkan.

Tayangan televisi tersebut hanya isyarat bagi Budi dan Peggy, istrinya. Mereka menjawab panggilan Tuhan dengan mengasuh anak terlantar pasca Timor Timor memisahkan diri dari Indonesia. Mereka lalu mendirikan Panti Asuhan Roslin untuk menampung anak-anak terlantar tersebut.

Tujuan Budi dan Peggy hanya satu, menyelamatkan anak-anak tersebut dan memberi pendidikan yang terbaik bagi mereka. Dengan pendidikan yang baik, masa depan anak juga akan menjadi baik.

Dalam sebuah obrolan ringan, kepada penulis Budi pernah mengatakan, "Tuhan memberi saya gaji. Dan.. saya percaya selain untuk keluarga, gaji tersebut juga menjadi hak orang lain yang sangat membutuhkan."

Lihat Juga:

Editorial (WM) Lainnya...

Renungan Harian

Rabu, 24 Mei 2017, Hari Biasa Pekan VI Paskah

Bacaan dari Kisah Para Rasul (17:15.22-18:1) Pada waktu itu terjadilah kerusuhan di kota Berea. Maka Paulus pergi dari sana. Orang-orang yang...

Selengkapnya

Jadwal Misa Rutin

Sabtu Pukul 16:30
  Pukul 19:00
 
Minggu Pukul 06:30
  Pukul 09:00
  Pukul 11:30
  Pukul 16:30
  Pukul 19:00

Selengkapnya

Kalender Liturgi