Sehat

  11 Feb 2018, 01:40

Semua orang pasti selalu ingin sehat dan bisa terus beraktivitas dan bekerja. Tidak ada seorang pun di dunia ini yang bersedia sakit. Namun, ketika gaya hidup seseorang berubah, penyakit akan datang tanpa diundang, meskipun usia masih relatif muda. Bagi orangtua yang berusia sepuh, penyakit akan lebih mudah menghampiri.

Sehat

Minggu lalu, penulis mendampingi Romo Nicolas Setija Wijaya, OMI kontrol jantung. Beliau yang bertugas di Penajam, Kalimantan Utara secara rutin harus kontrol jantung, setelah operasi bypass jantung di RS Harapan Kita, Jakarta beberapa tahun yang lalu. Sebelum kontrol jantung, beliau sempat telepon mengeluh dadanya sakit.

Bulan lalu, penulis juga sempat membesuk Romo Diosesan (Praja) Keuskupan Agung Jakarta (KAJ), Adji Prabowo, yang pada 26 Oktober 2016 lalu terkena stroke saat beliau ditugaskan di Badau - wilayah Kalimantan Barat (Kalbar), yang berbatasan dengan Malaysia. Badau berada di bawah Keuskupan Sintang, Kalbar.

Tahun lalu, persisnya 19 Oktober 2017, Romo Franz Magnis Suseno, SJ dirujuk ke Rumah Sakit Eka Hospital, BSD Tangerang. Beliau menjalani perawatan kesehatan, usai memberi ceramah filsafat di International University Liaison Indonesia (IULI).

Akhir tahun lalu, persis 31 Desember 2017, Romo Diosesan Andreas Trismadi, kelahiran Magelang, 15 Mei 1958, meninggal dunia, di RS. Dian Harapan, Waena, Jayapura, karena sakit diabetes, ginjal dan jantung. Beliau bertugas di Paroki Gembala Baik, Abepura. Uskup Jayapura, Mgr. Leo Laba Ladjar, OFM membuka tahun 2018, dengan misa requiem mengantar almarhum RD. Andreas Trismadi.

Di Wisma Karmel, Tosiga, satu komples dengan Gereja Maria Bunda Karmel (MBK), juga ada beberapa Romo sepuh. Romo Na Peng Bo, O.Carm, Romo Hadi Susanto, O.Carm dan Mgr. Hadisumarta, yang rata-rata usianya sudah kepala delapan semua. Ketiga Romo sepuh ini masih aktif melayani umat gereja MBK.

Mari kita terus mendoakan para biarawan/biarawati yang berkarya di Paroki Tomang, Gereja MBK, utamanya para Romo sepuh yang masih melayani umat gereja MBK, agar mereka senantiasa diberi kesehatan.

Lihat Juga:

Editorial (WM) Lainnya...

Renungan Harian

Senin, 24 September 2018

Hari Biasa Pekan XXV Semua kerugian yang masuk ke dunia berasal dari ketidaktahuannya akan kebenaran-kebenaran Kitab Suci secara jelas dan benar....

Selengkapnya

Jadwal Misa Rutin

Sabtu Pukul 16:30
  Pukul 19:00
 
Minggu Pukul 06:30
  Pukul 09:00
  Pukul 11:30
  Pukul 16:30
  Pukul 19:00

Selengkapnya

Kalender Liturgi