Tensi 2

  21 Jan 2018, 05:33

Tensi selalu berhubungan dengan tekanan darah. Hampir semua manusia berusaha untuk hidup sehat, dengan selalu menjaga agar tekanan darahnya stabil. Supaya tekanan darah stabil, kita harus sering melakukan cek tekanan darah. Di kota besar dan maju seperti Jakarta, sangat mudah melakukan kontrol tekanan darah.

Tensi 2

Namun, masyarakat golongan ekonomi menengah ke bawah dan berada di daerah akan sulit melakukan kontrol tekanan darah. Peluang ini kemudian dimanfaatkan Sarka, yang berasal dari pinggiran kota Kuningan, Jawa Barat. Masyarakat di kota-kota kecil - apalagi yang berada di pedesaan - jarang sekali melakukan tes tekanan darah. Kebiasaan mereka baru ke Puskesmas apabila benar-benar sudah tidak tahan sakit.

Dengan menenteng tensimeter Nova Riescter, Sarka menawarkan jasa mengukur tekanan darah dengan imbalan 2.000 rupiah. Sarka menekuni profesi ini sudah satu tahun lebih. Sarka berkeliling dari terminal ke terminal di kota Cirebon, hingga ke kampung-kampung. Rata-rata penghasilan Sarka setiap harinya sekira 100-150 ribu rupiah bersih.

Sebelum menekuni jasa mengukur tekanan darah, Sarka seorang pengayuh becak. Dari penghasilan dirinya mengayuh becak dan isterinya sebagai buruh cuci, dia bisa menghidupi kelima anaknya. Namun, penghasilan Sarka terus menyusut sejak ojek online masuk kota Cirebon. Tahun lalu saja, Sarka beberapa kali menyaksikan teman sesama pengayuh becak stres dan terkena stroke.

Beberapa kali Sarka mengantar teman sesama pengayuh becak, yang tiba-tiba pingsan ke Puskesmas. Akhirnya Sarka memutuskan alih profesi. Dia lalu belajar cara mengukur tekanan darah di Puskesmas hingga mahir. Setelah mahir, becaknya dijual dan uang hasil penjualan becak digunakan untuk membeli tensimeter. Dengan membawa tensimeter, Sarka berkeliling tanpa lelah menawarkan jasanya.

Kita umat Paroki Tomang, Gereja Maria Bunda Karmel, bisa dipastikan hidupnya berkecukupan. Namun, tidak ada salahnya secara rutin melakukan cek tekanan darah. Bagi para donor darah, mereka secara rutin cek tekanan darah setiap tiga bulan. Nah, bagi yang bukan donor, ada baiknya juga melakukan cek tekanan darah secara rutin.

Gereja MBK memiliki Balai Pengobatan Umum (BPU) Karmel yang berada di belakan Aula. Umat bisa melakukan cek tekanan darah secara rutin. Saat ini banyak orang usia muda yang terkena stroke, akibat lalai pada kesehatan dan tekanan darah. Mari kita peduli kesehatan, dengan rutin melakukan cek tekanan darah.

Lihat Juga:

Editorial (WM) Lainnya...

Renungan Harian

Rabu, 22 Agustus 2018

Peringatan Wajib SP. Maria, Ratu Maria adalah seorang Ratu yang begitu manis, lemah-lembut dan begitu sedia menolong kita dalam kemalangan-kemalangan...

Selengkapnya

Jadwal Misa Rutin

Sabtu Pukul 16:30
  Pukul 19:00
 
Minggu Pukul 06:30
  Pukul 09:00
  Pukul 11:30
  Pukul 16:30
  Pukul 19:00

Selengkapnya

Kalender Liturgi