Digital

  31 Dec 2017, 09:13

Tidak terasa, Minggu, 31 Desember ini menjadi Minggu terakhir di tahun 2017, besok Senin, 1 Januari merupakan hari pertama di tahun 2018. Keuskupan Agung Jakarta (KAJ), mencanangkan tema tahun 2018 sebagai tahun persatuan, sementara Paroki Tomang, Gereja Maria Bunda Karmel (MBK), yang mengangkat tema yang sama, namun lebih difokuskan kepada Orang Muda Katolik (OMK).

Jika bicara OMK tidak akan lepas dari dunia digital. Sehingga tidak ada kata terlambat, Subsie Digital yang berada di bawah Sie Komunikasi Sosial (Komsos) pun dibentuk pada akhir tahun 2018. Kamis, 21 Desember 2017 lalu, Subsie Digital menyelenggarakan pertemuan terakhir berkolaborasi dengan Subsie Warta Minggu (WM) dan Subsie Perpustakaan.

Inti pertemuan, digitalisasi di Sie Komsos harus segera berjalan. Mengapa Komsos? Disadari atau tidak, orang Katolik di Indonesia sudah lama tidak dilirik media nasional. Kegiatan orang Katolik tidak pernah ditulis media besar nasional. Jadi jangan pernah berharap ada media besar akan menulis kegiatan OMK di lingkungan. Inilah pekerjaan rumah Sie Komsos yang harus segera dibenahi.

Gereja mbk telah memiliki media sendiri. Lewat media yang dimiliki gereja mbk, semua kegiatan - baik di lingkungan, wilayah, teritorial maupun kategorial - dalam bentuk apapun (tulisan, gambar, video dan audio) bisa dipublikasikan. Sekaligus, juga bisa berperan sebagai konten anti hoax. Inilah yang akan lebih dioptimalkan di tahun 2018.

Jaka, Ketua Subsi Digital berharap, tahun 2018 bisa dimulai dengan optimalisasi yang sederhana. Gereja mbk diharapkan sudah memiliki Facebook Fan Page dan gereja mbk Instagram (IG). Apps gereja mbk, diharapkan selesai hingga kanal-kanalnya dan disosialisasikan pada 2018. Jika apps sudah mendekati kualitas baik, umat gereja mbk bisa menikmati warta minggu digital, perpustakaan digital dan gereja mbk tv, hanya dengan satu sentuhan.

Hasil pertemuan juga membahas pengurangan jumlah halaman Warta Minggu dari 24 halaman menjadi 20 halaman di tahun 2018. Meski halaman berkurang, namun materi isi (naskah/konten) justru akan bertambah dan bisa dinikmati umat gereja mbk secara digital. Pengasuh WM mohon maaf harus mengurangi jumlah halaman WM, kami yakin umat justru akan mendapatkan informasi lebih.

Selamat Tahun Baru 2018.

Lihat Juga:

Editorial (WM) Lainnya...

Renungan Harian

Rabu, 24 Januari 2018, Peringatan Wajib St. Fransiskus De Sales

Bacaan dari Kitab Kedua Samuel (7:4-17) Waktu itu Raja Daud ingin mendirikan rumah bagi Tuhan. Maka datanglah Tetapi pada sabda Tuhan kepada Natan,...

Selengkapnya

Jadwal Misa Rutin

Sabtu Pukul 16:30
  Pukul 19:00
 
Minggu Pukul 06:30
  Pukul 09:00
  Pukul 11:30
  Pukul 16:30
  Pukul 19:00

Selengkapnya

Kalender Liturgi