Hari Pangan Sedunia - Pesan Pastoral

  27 Oct 2010, 22:49

PESAN PASTORALREVITALISASI GERAKAN HARI PANGAN SEDUNIA KONFERENSI WALIGEREJA INDONESIAPangan Sebagai Anugerah TuhanMemaknai Gerakan HPS

Hari Pangan Sedunia - Pesan Pastoral

Hari Pangan Sedunia (HPS) adalah gerakan bersama mendunia untuk mengembangkan kesadaran pemerintah dan rakyat akan pangan yang cukup, sehat dan bermutu bagi semua orang. Kebersamaan HPS bertujuan untuk menggerakkan kesadaran bersama akan kebutuhan bersama yang mendasar dan men-desak akan pangan.

Gereja Katolik melibatkan diri dalam gerakan HPS bukan terutama karena persoalan teknis, tetapi utamanya persoalan etis. Gereja ingin melibatkan diri, agar wawasan pangan dunia mengutamakan hidup manusia yang bermutu.

Gereja Katolik melibatkan diri dengan tujuan menyadarkan umat Katolik akan tanggung-jawab solidernya bagi pangan manusia. Gereja mendorong umat untuk membangun kebersamaan gerak dalam memastikan ketersediaan pangan yang bermutu bagi hidup manusia.

Gereja Katolik di Indonesia berkewajiban untuk menggerakkan umat sejak usia dini, agar memahami persoalan pangan dan membangun solidaritas, karena banyak orang yang tidak menikmati pangan yang cukup dan sehat bagi pertumbuhan hidupnya sebagai manusia yang bermartabat. Anak-anak sekolah, para pendidik, kaum perempuan, kaum tani, kaum pengusaha serta pemimpin umat hendaknya sadar akan tanggungjawabnya dalam melibatkan diri demi pangan yang terbagi secara adil.

Gereja melalui Komisi PSE, cq. Panitia HPS KWI, menggerakkan pendekatan yang mengumat, guna melengkapi serta memperkaya kemampuannya dalam upaya bersama membangun pangan yang cukup, sehat, bermutu, merata dan berkelanjutan. Melalui aneka tindakan nyata, Gereja kita berupaya untuk membangkitkan kerelaan umat bersama masyarakat menuju kerjasa-ma dalam upaya pengadaan pangan.

Dalam upaya bersama ini Gereja kita mendorong umat yang berkarya dalam proses pengadaan pangan untuk meningkatkan kemampuan serta ketrampilannya. Gerakan HPS dalam Gereja kita berharap bahwa aneka kerjasama muncul dan berkembang, termasuk Dana HPS, guna melibatkan diri secara nyata dalam menjamin ketersediaan pangan yang cukup, sehat, bermutu dan terbagi secara merata. Dengan demikian hidup setiap orang tumbuh dan berkembang dalam melanjutkan karya ciptaan Tuhan di atas bumi, khususnya dalam menjamin masa depan umat manusia. Gereja kita berkerjasama, bergerak dan bangkit untuk menjadi pelaku yang baik dalam persoalan pangan manusia.

Gereja menyadari bahwa sikap tindakan bersaudara dalam hal pangan merupakan bagian dalam upaya hidupnya untuk mewartakan kabar gembira di dunia ini. Oleh karena itu, Uskup, para imam serta pemimpin umat setempat hendaknya memandang HPS sebagai anugerah Tuhan yang patut mendapat perhatian serta kepedulian dalam karya pastoralnya.

(Panitia HPS KWI)

Lihat Juga:

HPS (WM) Lainnya...

Renungan Harian

Jumat, 14 Desember 2018

Peringatan Wajib St. Yohanes dari Salib, Imam dan Pujangga Gereja Di dalam Kristus ada lubuk-lubuk dalam yang masih harus didugai, yang selamanya...

Selengkapnya

Jadwal Misa Rutin

Sabtu Pukul 16:30
  Pukul 19:00
 
Minggu Pukul 06:30
  Pukul 09:00
  Pukul 11:30
  Pukul 16:30
  Pukul 19:00

Selengkapnya

Kalender Liturgi