Mengapa Anak-Anak Perlu Ikut Misa Anak?

 Alexander Yusup  |     6 Aug 2017, 14:05

Gereja (umat beriman) hidup dari liturgi. Melalui liturgi-lah karya keselamatan Allah yang berpuncak pada kurban Kristus di salib, dirayakan dan dilestarikan oleh Gereja. Lewat liturgi, Gereja memuliakan Allah di dalam Kristus dan menerima rahmat pengudusan sebagai daya kekuatan untuk hidup. Di antara perayaan liturgi Gereja, Ekaristi merupakan perayaan yang paling istimewa. Sebab, di dalam Ekaristi, Yesus Kristus sendiri hadir secara nyata dalam rupa Korban Ekaristi.

Mengapa Paroki Tomang, Gereja Maria Bunda Karmel mengadakan Perayaan Ekaristi / Misa khusus untuk anak-anak? Kenapa anak-anak tidak diikutkan misa bersama umat lainnya? Tidak semua orang tua dapat memenuhi tanggung jawabnya untuk memperhatikan pertumbuhan dan Pendidikan Iman anak-anaknya. Terlebih di era 'gadget' sekarang ini. Anak-anak seolah memiliki dunia tersendiri, yang berbeda dengan dunia orang dewasa. Cara bicara, berpikir, imajinasi, dan daya tangkap mereka tidak setara dengan orang-orang dewasa. Kita tidak bisa begitu saja memaksakan bakat dan kemampuan anak untuk bisa hidup dalam alam orang dewasa. Untuk itu mereka perlu perlakuan khusus. Misa sewajarnya juga dapat menjadi medan bagi perkembangan hidup religius mereka. Anak-anak pun sejak dini harus dibimbing untuk bisa menghayati Misa atau perayaan liturgis lainnya sesuai dengan cara bicara, berpikir, imajinasi, dan daya tangkap. Pendidikan untuk anak-anak ini bertujuan agar tingkah laku dan cara hidup anak-anak makin lama makin sesuai dengan amanat Injil.

Dengan mengikuti misa anak dan didampingi oleh orang tua, diharapkan anak dapat menemukan nilai-nilai manusiawi itu misalnya, kebersamaan, keramahan, kemampuan untuk memasang telinga, kemampuan untuk minta ampun dan memberi ampun, ungkapan rasa terima kasih, penghayatan lambang-lambang, jamuan persahabatan, perayaan pesta. Nilai-nilai itu diperkenalkan supaya anak-anak secara bertahap terbuka untuk menangkap nilai-nilai kristiani dan untuk merayakan misteri Kristus sesuai dengan umur dan keadaan psikologis maupun sosial. Disamping anak diajari tata gerak sesuai TPE yang berlaku saat ini.

Tak terasa delapan tahun berjalan (sedari Desember 2009), secara rutin Paroki Tomang, Gereja Maria Bunda Karmel menyelenggarakan setiap bulannya, Misa atau Perayaan Ekaristi untuk anak-anak. Program kerja Misa Anak-anak secara rutin ini diselenggarakan oleh Seksi Katekese berkolaborasi dengan Seksi Liturgi, dimana Ketua Seksinya waktu itu JA. Gianto dan Ketua Subseksi Bina Iman Anak, Grace Da Silva. Kenapa hanya satu kali setiap bulannya? Kenapa tidak setiap minggu atau tiap dua minggu sekali? Semua karena keterbatasan imam/pastur yang ada, terlebih Perayaan Ekaristi anak-anak dibutuhkan imam/pastur yang benar-benar bisa memahami "bahasa" anak-anak. Secara psikologis, pemahaman mereka akan kedalaman misteri iman dalam Ekaristi jelas tidaklah bisa dituntut seperti orang dewasa, yang mampu menggunakan akal budi dan penghayatan iman secara penuh. Maka dibutuhkan Imam/pastur yang bisa "menjembatani" hal tersebut.

Anak-anak kita merupakan 'subjek iman' yang sangat penting diperhatikan oleh para orang tua. Menyadur gambaran nabi Yeremia, mereka ibarat tanah liat di tangan tukang periuk. Dalam kerangka iman, seberapa besar kualitas iman mereka kelak, tergantung dari bagaimana saat ini kita membentuk. Pembentukan iman yang paling berdaya adalah lewat pengalaman konkret akan misteri iman. Dalam Gereja Katolik, misteri iman itu (di)hadir(kan) dalam perayaan Ekaristi. Dengan demikian, memasukkan anak-anak dalam peristiwa Ekaristi kiranya menjadi pengalaman iman yang amat berharga bagi mereka. Mari kita dukung anak-anak kita menjadi generasi penerus Gereja yang kuat dan tangguh.

Misa anak diadakan setiap Minggu terakhir pukul 09.00 WIB di Auditorium MBK.

Lihat Juga:

Seputar MBK (WM) Lainnya...

Renungan Harian

Minggu, 24 Maret 2019

Hari Minggu Prapaskah III Allah sangat menghargai pertobatan sehingga sekecil apa pun pertobatan di dunia, asalkan itu murni, menyebabkan Dia...

Selengkapnya

Jadwal Misa Rutin

Sabtu Pukul 16:30
  Pukul 19:00
 
Minggu Pukul 06:30
  Pukul 09:00
  Pukul 11:30
  Pukul 16:30
  Pukul 19:00

Selengkapnya

Kalender Liturgi