Pelatihan Pelayanan Jenazah Prodiakon MBK

 Helena D.Justicia  |     12 May 2017, 22:55

Dalam Surat Pengangkatan Petugas Prodiakon-Prodiakones Paroki Tomang-MBK yang ditandatangani Uskup Keuskupan Agung Jakarta Mgr. Ign. Suharyo, tertera tugas: membantu menerimakan Komuni Suci dalam Perayaan Ekaristi atau kepada orang sakit dan jompo, memimpin Ibadat Sabda serta mempimpin upacara pemakaman.

Pelatihan Pelayanan Jenazah Prodiakon MBK

Tugas terakhir itulah yang masih membutuhkan banyak perhatian. Kematian seringkali terjadi mendadak, sehingga diperlukan cukup banyak tenaga yang menguasai keterampilan untuk memberikan pelayanan. Ada harapan, setiap Wilayah mempunyai prodiakon yang dapat memberikan pelayanan itu. Berangkat dari keinginan tersebut, diselenggarakanlah pelatihan pelayanan jenazah pada 23 & 30 April 2017 di GKP Edith Stein mulai pkl. 08.30-15.00 WIB.

Pelatihan Pelayanan Jenazah Prodiakon MBK

Pelatihan dibagi menjadi dua tahap. Pertemuan pertama membahas ibadat pelepasan jenazah dan pemakaman. Pertemuan kedua berisi materi ibadat kremasi dan pelarungan abu jenazah.

Pemberi materi dan pendamping praktik adalah tim Prodiakon MBK. Kendati materinya serius, suasana pelatihan sangat menyenangkan. Pemaparan materi, tanya-jawab dan latihan bersama dilakukan dalam keakraban. Beberapa kali terdengar gelak tawa jika ada kejadian yang lucu. Supaya mirip situasi sebenarnya, peralatan yang digunakan pun lengkap; dari lilin, dupa, tanah, bunga tabur, sampai miniatur peti mati.

Pelatihan Pelayanan Jenazah Prodiakon MBK

Ke depannya, Tim Pelatih beserta Pengurus Prodiakon MBK akan menerbitkan buku pegangan yang lengkap untuk melakukan pelayanan jenazah ini. Semoga pelayanan Prodiakon MBK dapat semakin baik dan berkembang, agar dapat menghadirkan kasih, pengampunan dan berkat Allah sendiri bagi umat paroki.

Lihat Juga:

Seputar MBK (WM) Lainnya...

Renungan Harian

Selasa, 22 Agustus 2017, Peringatan Wajib SP. Maria, Ratu

Bacaan dari Kitab Hakim-Hakim (6:11- 24a) Pada zaman para hakim datanglah Malaikat Tuhan dan duduk di bawah pohon tarbantin di Ofra, milik Yoas,...

Selengkapnya

Jadwal Misa Rutin

Sabtu Pukul 16:30
  Pukul 19:00
 
Minggu Pukul 06:30
  Pukul 09:00
  Pukul 11:30
  Pukul 16:30
  Pukul 19:00

Selengkapnya

Kalender Liturgi