Maukah Kita Agapae dengan Gereja dan Sesama?

 Rob. P.  |     16 Jul 2017, 03:20

KJK, yang merupakan singkatan dari 'Komunitas Jalan Kecil', merupakan sebuah komunitas yang terbuka bagi semua orang Katolik yang mau menjadi perwujudan Cinta bagi gereja. Melalui Ordo Karmel, para anggotanya berusaha meneladan St. Theresia dari Kanak-kanak Yesus, memberikan cinta kepada Gereja melalui pelbagai karya sesuai kemampuan.

Dengan menggabungkan usaha-usaha atau karya yang kecil-kecil akan menjadi besar bagi Gereja. Salah satu kegiatannya adalah memberikan pengajaran singkat bagi anggota dan umat umum.

Pada 17 Juni lalu pengajaran diberikan oleh Romo Hariawan Adji O.Carm di rumah Henry dan Meri, di Kompleks Mega Kebon Jeruk. Sekitar 25 orang umat MBK dan MKK hadir dan tekun mengikuti pengajaran yang dibawakan dengan santai tetapi jelas dan menggelitik para hadirin untuk mau ambil bagian dalam mewartakan Cinta Agape bagi gereja dan sesama. Sebagai orang Katolik kita semua dipanggil untuk menjadi seperti Allah kita; sabda Yesus, "Jadilah Kudus seperti Bapa."

Yesus bertanya kepada Petrus, "Apakah engkau mencintai Aku?", sampai 3 kali, karena ada 3 macam cinta. Paling sederhana adalah 'Eros' yaitu cinta yang mencari manfaat, kemudian ada 'Filia' contohnya cinta yang terjadi antara orang-tua dengan anak, antar saudara, anggota keluarga; sementara yang paling tinggi adalah 'Agape', yaitu cinta yang siap berkorban untuk yang dicintainya tanpa mengharap balasan. Kita semua diharapkan untuk mencapai tingkatan cinta ini.

Tentu perlu proses, mulai dari tingkat rendah - eros, lalu naik. St. Theresia Lisieux dalam menghayati pencapaian cinta ini memberikan teladan yang prosesnya sederhana dan dapat diikuti orang-orang sederhana seperti kita semua. Maka tantangannya: maukah kita 'Agapao' (kata kerja dari Agape) pada Gereja dan sesama? Seorang gadis kecil yang menjadi suster muda, St. Theresia dari Kanak-Kanak Yesus telah memberi contoh konkret bagi kita, agar kita bisa menjalankan sabda Yesus, "Jadilah kudus seperti Bapa."

Pengajaran berikutnya hari Senin, 17 Juli 2017 di GKP Edith Stein-MBK, mengambil tema "Kerendahan Hati Theresia dari Kanak-kanak Yesus" dengan pengajar Romo Ign. Budiono, O.Carm. Peminat silahkan menghubungi Ellen 08121101117.

Lihat Juga:

Seputar MBK (WM) Lainnya...

Renungan Harian

Rabu, 26 Juli 2017, Peringatan Wajib St. Yoakim dan Ana, Orangtua SP Maria

Bacaan dari Kitab Sirakh (44:1.10-15) Kami hendak memuji orang-orang termasyhur, para leluhur kita, menurut urut-urutannya. Mereka adalah orang-orang...

Selengkapnya

Jadwal Misa Rutin

Sabtu Pukul 16:30
  Pukul 19:00
 
Minggu Pukul 06:30
  Pukul 09:00
  Pukul 11:30
  Pukul 16:30
  Pukul 19:00

Selengkapnya

Kalender Liturgi