Peran Serta OMK dan Keluarga Muda di Lingkungan dan Gereja

 Rudy Kurniawan Sutedjo  |     16 Jul 2017, 03:21

Sabtu malam (10/6/2017), bertempat di rumah David Gunawan dan Siska, diselenggarakan rekoleksi bagi orang muda dan keluarga muda Katolik Lingkungan Santa Maria 1 dan 2, juga perwakilan OMK dari Wilayah II, yang dihadiri sekitar 35 orang, serta DPH Pendamping Wilayah II, Nixon Silfanus, Korordinator Wilayah II, Jopie Sutedja, Wakil Koordinator II Sintawaty, Ketua Lingkungan Santa Maria 1 dan 2.

Pembicara dalam rekoleksi ini adalahElfri Ludoni. Beliau memberikan beberapa perikop dalam rekoleksi ini: Kej 48, Kej 41:51-52 dan Amsal 28:20. Dalam rekoleksi ini ditekankan bagaimana orang muda dipanggil turut serta dalam karya keselamatan Allah melalui pelayanan bagi sesama dan Gereja. Ketika Tuhan mempercayakan talenta dan karunia kepada kita. Kita dipanggil untuk mengembangkan talenta dan karunia tersebut yang memampukan kita menjadi saluran berkat Tuhan bagi kebaikan sesama. Orang muda dan keluarga muda diingatkan untuk tidak mengejar berkat dahulu, baru bersedia melayani; tidak menunggu tua dahulu baru mau melayani.

Ketika Tuhan memanggil nama kita masing-masing, Tuhan telah memberkati kita dan menetapkan rencana-Nya dalam hidup kita. Tanggapan kita terhadap panggilan Tuhan tersebut merupakan pertanggungjawaban dan rasa syukur kita atas kepercayaan yang Tuhan berikan. Oleh karena itu sudah sepantasnya kita menjawabnya dengan bersedia terlibat dalam pelayanan bersama-Nya bagi sesama dan Gereja.

Selain itu, pembicara juga mengingatkan bagaimana kita harus tetap melekat pada Yesus Kristus, Sang Pokok Anggur, serta bersedia dan rela untuk terus menerus dimurnikan dan dibersihkan agar dapat berbuah limpah bagi orang banyak serta mengalami hidup yang berkelimpahan dalam Tuhan.

Dalam kesempatan ini, Nixon Silfanus juga mengajak orang muda dan keluarga muda untuk ikut terlibat dalam kegiatan dan pelayanan di Lingkungan dan Paroki, terutama dalam tahun ini dalam rangka Tahun Lingkungan dan 45 Tahun Gereja MBK, peran aktif orang muda menjadi salah satu fokus utama dan akan dilanjutkan sampai tahun depan.

Mari kita doakan dan dukung orang muda dan keluarga muda ini, agar mereka dapat menginspirasi semakin banyak kaum muda untuk mau menggunakan kepercayaan yang Tuhan sudah berikan kepada mereka, melalui talenta dan karunia mereka dalam pelayanan bagi kebaikan sesama.

Amsal 28:20 "Orang yang dapat dipercaya mendapat banyak berkat, tetapi orang yang ingin cepat menjadi kaya, tidak akan luput dari hukuman."

Lihat Juga:

Seputar MBK (WM) Lainnya...

Renungan Harian

Rabu, 26 Juli 2017, Peringatan Wajib St. Yoakim dan Ana, Orangtua SP Maria

Bacaan dari Kitab Sirakh (44:1.10-15) Kami hendak memuji orang-orang termasyhur, para leluhur kita, menurut urut-urutannya. Mereka adalah orang-orang...

Selengkapnya

Jadwal Misa Rutin

Sabtu Pukul 16:30
  Pukul 19:00
 
Minggu Pukul 06:30
  Pukul 09:00
  Pukul 11:30
  Pukul 16:30
  Pukul 19:00

Selengkapnya

Kalender Liturgi