Akibat Tidak Bertanggung Jawab

 Jovica Zhuo  |     25 Sep 2017, 03:20

"Dodo, mainanmu berserakan di mana-mana, cepat kamu bereskan mainanmu ini!" perintah ibu Dodo. "Iya, sebentar, bu. Nanti aku bereskan," pinta Dodo. Begitulah Dodo, dia selalu bersikap tidak bertanggung jawab dalam mengerjakan tugasnya, walaupun sudah diperingatkan ibunya berulang kali, Dodo tetap saja lupa. "Ayo, Dodo, cepat bereskan mainanmu!" perintah ibunya lagi. "Iya-iya, aku bereskan," kata Dodo sambil membereskan mainannya.

"Dodo, apakah kamu sudah mengerjakan PR-mu?" tanya ibunya setelah Dodo membereskan mainannya. "Belum, bu," jawab Dodo santai. "Dodo, ini sudah malam dan kamu belum mengerjakan PR-mu? Sekarang, ayo kamu kerjakan PR-mu dulu, setelah kamu mengerjakan PR-mu baru boleh menonton TV lagi," pinta ibunya. "Tunggu sebentar lagi, bu, acara TV kesukaanku akan dimulai sebentar lagi," jawab Dodo. "Tidak, Dodo. Kamu tidak boleh menunda PR-mu lagi karena PR-mu itu akan dikumpulkan besok," kata ibunya sambil mematikan TV. "Ah, baik-baik akan kukerjakan," jawab Dodo dengan malas.

Dodo pun mengerjakan PR-nya dengan malas-malasan, sampai ia tertidur pulas di meja belajarnya, dan ia baru menyelesaikan sebagian PR-nya. Keesokan harinya, ibunya terkejut melihat Dodo tertidur di meja belajarnya. "Dodo, ayo cepat bangun, hari sudah pagi! Kamu sudah menyelesaikan PR-mu belum?" tanya ibunya sambil membangunkan Dodo. Dodo pun terbangun, dia sangat terkejut karena belum menyelesaikan PR-nya. "Aduh, belum bu! Aku baru menyelesaikan PR-ku sebagian. Bagaimana ini?" kata Dodo panik. "Dodo, sudah tidak ada waktu lagi untuk menyelesaikan PR-mu, sekarang kamu mandi dan bersiap-siap dulu, nanti kalau masih ada waktu, kamu bisa lanjut mengerjakan PR-mu lagi," kata ibunya. "Ya sudah, bu," jawab Dodo singkat.

Namun, karena Dodo bersiap-siap untuk berangkat ke sekolah terlalu lama, ia tidak sempat lagi untuk lanjut mengerjakan PR-nya, bahkan ia juga tidak sempat sarapan karena waktunya sudah hampir terlambat ke sekolah. "Fiuh, untunglah aku masih sempat tiba di sekolah tepat waktu, walaupun aku tidak sempat sarapan dan mengerjakan PR lagi," kata Dodo dalam hatinya. Akibatnya, Dodo dihukum oleh Bu Guru karena tidak menyelesaikan PR-nya, dan sejak saat itu, Dodo mulai bersikap lebih bertanggung jawab dalam mengerjakan tugasnya.

Lihat Juga:

Serba-Serbi (WM) Lainnya...

Renungan Harian

Sabtu, 16 Desember 2017, Hari Biasa Pekan II Adven

Bacaan dari Kitab Putra Sirakh (48:1-4.9-11) Dahulu kala tampillah Nabi Elia bagaikan api. Perkataannya membakar laksana obor. Dialah yang...

Selengkapnya

Jadwal Misa Rutin

Sabtu Pukul 16:30
  Pukul 19:00
 
Minggu Pukul 06:30
  Pukul 09:00
  Pukul 11:30
  Pukul 16:30
  Pukul 19:00

Selengkapnya

Kalender Liturgi