Profil Perpustakaan Gereja Maria Bunda Karmel

  28 Feb 2015, 05:03

Perpustakaan Paroki Tomang - Gereja Maria Bunda Karmel berdiri pada tahun 2007. Keberadaan perpustakaan dimaksudkan untuk menyediakan buku-buku referensi iman bagi umat. Untuk menarik minat pembaca, tak hanya buku agama yang dipajang di rak perpustakaan, namun juga jenis-jenis buku lain seperti ilmu pengetahuan, fiksi, psikologi dan lain-lain.

Profil Perpustakaan Gereja Maria Bunda Karmel
Profil Perpustakaan Gereja Maria Bunda Karmel (2)
Profil Perpustakaan Gereja Maria Bunda Karmel (3)

Dikelola oleh volunteer, kondisi perpustakaan mengalami pasang dan surutnya sendiri. Sebanyak 90% buku adalah sumbangan umat yang merupakan buku-buku bekas, sedangkan 10% sisanya adalah sumbangan dan pembelian yang merupakan buku-buku baru. Karena merupakan bagian dari gereja, prioritas pengadaan buku baru adalah buku agama.

Saat ini, sistem pelayanan perpustakaan masih menggunakan cara manual, yakni pencatatan dengan tulisan tangan. Sistem pelayanan seperti itu sangat lambat, serta kurang efisien. Telah dicoba beberapa kali untuk memperoleh volunteer yang menguasai bidang IT, namun hingga kini hal tersebut masih dalam proses.

Jumlah kunjungan dan sirkulasi buku perpustakaan terbilang tinggi. Hanya buka pada hari Minggu karena keterbatasan tenaga volunteer, kunjungan dapat mencapai 40-60 orang dan peminjaman buku dapat mencapai 35 buku.

Semoga Perpustakaan Gereja Maria Bunda Karmel dapat berkembang dengan lebih baik lagi, serta mampu melayani kebutuhan umat akan referensi yang bermanfaat.*

Lihat Juga:

Artikel Lainnya...

Renungan Harian

Jumat, 21 Januari 2022

Peringatan Wajib St. Agnes, Perawan dan Martir Di surga aku disatukan dengan Tuhan, sebab di dunia aku cinta pada-Nya dengan sepenuh hati. (St....

Selengkapnya

Jadwal Misa Rutin

Sabtu Pukul 16:30
  Pukul 19:00
 
Minggu Pukul 06:30
  Pukul 09:00
  Pukul 11:30
  Pukul 16:30
  Pukul 19:00

Selengkapnya

Kalender Liturgi