PD PKK MBK: Iri Hati, Dosanya Datang Berkatnya Lari

 Adi Chandra  |     15 Feb 2017, 22:39

Apakah pernah anda menjumpai orang yang iri hati dengan orang lain, atau orang lain iri hati kepada anda atau mungkin anda sendiri yang mempunyai iri hati kepada orang lain. 3 pertanyaan tersebut mengawali pewartaanNancy Kurniawan dalam kegiatan PD PKK Rabu, (8/2) di Auditorium MBK.

PD PKK MBK: Iri Hati, Dosanya Datang Berkatnya Lari

Menurut kamus bahasa Indonesia arti dari Iri hati adalah merasa kurang senang melihat kelebihan orang lain, secara umum pengertian iri hati adalah merasakan kesedihan atas hal-hal baik yang dirasakan orang lain (bakat, penampilan, harta milik, profesi, popularitas) atau sebaliknya merasakan kesenangan atau sukacita jika orang lain tertimpa musibah/kemalangan.

Percaya tidak kalau Iri hati merupakan Dosa?. Iri hati adalah 1 dari 7 dosa pokok, yaitu Kesombongan, Ketamakan, iri hati, kemarahan, hawa nafsu, kerakusan, kemalasan

Firman Tuhan dalam Markus 7:14-23, Yesus memberikan pengajaran kepada murid-murid-Nya bahwa segala sesuatu yang masuk dari luar kedalam seseorang tidak ada yang najis karena tidak masuk kedalam hati tetapi kedalam perutnya lalu dibuang di jamban, tetapi apa yang keluar dari seseorang itulah yang menajiskannya, sebab dari dalam hati orang timbul segala pikiran jahat, percabulan, pencurian, pembunuhan, perzinahan, keserakahan, kejahatan, kelicikan, hawa nafsu, iri hati, hujat, kesombongan, kebebalan. Dari firman Tuhan tersebut disebutkan Iri hati merupakan satu dari 13 dosa utama manusia.

Iri hati merupakan dosa yang paling najis, karena dari 3 akar dosa yaitu:

  1. Dosa pikiran: pikiran jahat bisa karena iri hati,
  2. Dosa perbuatan: mencuri, membunuh bisa karena iri hati,
  3. Dosa perkataan: fitnah, gosip bisa karena iri hati.

Untuk menangkal 3 akar dosa tersebut marilah kita ingat selalu Amsal 14: 30 Hati yang tenang menyegarkan tubuh, tetapi iri hati membusukan tulang.

Akibat dari iri hati: hati tidak tenang, memiliki prasangka buruk terhadap orang lain, fokus hilang, kebaikan hati jadi tertahan, orang lain menjauh, musuh bertambah, hidup menjadi tertekan dan akhirnya Berkat Lari.

Kejadian 4:7 Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik? Tetapi jika engkau tidak berbuat baik dosa sudah mengintip didepan pintu; ia sangat menggoda engkau, tetapi engkau harus berkuasa atasnya.."

Kita dijaga supaya tidak jatuh dalam kegelapan, jaga hati kita supaya tidak jatuh ke dalam dosa. Sebagai pengikut Kristus apakah kita mampu menjaga sikap sehari-hari? Kalau perbendaharaan hati kita baik maka perbuatan kita juga akan baik, jika sebaliknya akan menghasilkan kejahatan, jika tidak baik segeralah bertobat. Kelimpahan berkat Tuhan hanya bisa diterima jika orang memiliki hati yang bersih, dan juga terus ber Ekaristi supaya mampu terus berbuat baik.

1 hal lagi Tuhan mengingatkan kita melalui Persekutuan Doa, iri hati yang mungkin kita anggap sepele ternyata merupakan dosa, yuks datang ke PDKK setiap hari rabu jam 7.15-21.00.

Lihat Juga:

Berita Lainnya...

Renungan Harian

Minggu, 28 November 2021

Hari Minggu Adven I Dalam perayaan liturgi Adven, Gereja menghidupkan lagi penantian akan Mesias; dengan demikian umat beriman mengambil bagian dalam...

Selengkapnya

Jadwal Misa Rutin

Sabtu Pukul 16:30
  Pukul 19:00
 
Minggu Pukul 06:30
  Pukul 09:00
  Pukul 11:30
  Pukul 16:30
  Pukul 19:00

Selengkapnya

Kalender Liturgi