Seseorang yang Gigih Mempertahankan Kebenaran dan Prinsip

  3 Oct 2015, 05:57

Di mata Lucy Kurniawan, koordinator Persekutuan Doa Pembaharuan Karismatik Katolik (Oktober 2007-31 Oktober 2013), Rm. Antonius Maria Kristijanto Gunawan O.Carm adalah seseorang yang gigih mempertahankan kebenaran dan prinsip. Lucy adalah juga Koordinator Kursus Evangelisasi Pribadi MBK.

Seseorang yang Gigih Mempertahankan Kebenaran dan Prinsip
Seseorang yang Gigih Mempertahankan Kebenaran dan Prinsip (2)
Seseorang yang Gigih Mempertahankan Kebenaran dan Prinsip (3)

Rm. Anton sebagai moderator PD PKK dan KEP (1999-2013) selalu mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Lucy Kurniawan untuk perkembangan KEP dan PD PKK MBK. Sebagai seorang ekonom, Rm. Anton sangat pandai dalam hal mencari dana, terutama idenya sangat banyak yang tidak dimiliki oleh orang lain. Ikatan batin Rm. Anton dengan KEP Inti sangat kuat dan sangat mendalam. Hal itu ditunjukkan saat retret bersama dan fellowship.

"Rm. Anton orangnya sangat baik tidak pilih kasih dan penuh belas kasihan. Beliau suka membantu umat. Orangnya pintar dan cepat tanggap, terhadap siapapun yang membutuhkan asal ada waktu, pasti dilayani," kata Lucy. Meskipun secara umum tampak pendiam dan serius, "Rm. Anton orangnya pandai bergaul, ramah, humoris dan cepat akrab terhadap siapapun."

Rm. Anton juga dikenal ringan tangan contoh. Hal itu dialami Lucy saat Rm. Anton mendampingi ziarah ke Tanah Suci (2 kali) dan ke Eropa (1 kali). Beliau tidak menganggap diri sebagai romo dan mau turun tangan membantu urusan koper dsb. Romo bahkan mengkoordinir cara menurunkan koper-koper tersebut agar cepat dan lancar terutama bagi lansia sehingga semua bisa diatasi dengan baik. Saat retret KEP Inti, Rm. Anton juga senantiasa turun tangan membantu yang diperlukan.

Meskipun gemar bercanda, pada saat pengajaran atau mempersembahkan misa kudus, Rm. Anton sangat serius. "Yang membuat terkesan, saat membawakan renungan Romo selalu memakai illustrasi sehingga mudah ditangkap," kata Lucy.

"Rm. Anton sudah menjadi sahabat, saudara dan kakak bagi kami semua," ujar Lucy. "Makanan kesukaannya tahu dan kerupuk. Orangnya tidak suka mengeluh walaupun dalam keadaan sakit. Beliau bilang bahwa hidup adalah suatu perjuangan panjang; suka atau tidak suka harus menghadapinya. Salib adalah bagian dari hidup kita; keindahannya adalah saat kita berjuang memikul salib, kita tetap bisa tersenyum dengan tegar karena Kristus berjalan bersama kita. Kita mampu melewatinya dan tetap setia pada iman."

Selamat jalan, Rm. Anton. Semoga Tuhan menerima Romo dalam kedamaian abadi. (Anton Sardjo)

Lihat Juga:

Berita Lainnya...

Renungan Harian

Kamis, 29 Oktober 2020

Hari Biasa Pekan XXX Kesalahan-kesalahan yang kita lakukan hanyalah bagaikan butiran-butiran pasir di hadapan gunung kerahiman Allah yang Mahabaik...

Selengkapnya

Jadwal Misa Rutin

Sabtu Pukul 16:30
  Pukul 19:00
 
Minggu Pukul 06:30
  Pukul 09:00
  Pukul 11:30
  Pukul 16:30
  Pukul 19:00

Selengkapnya

Kalender Liturgi