Uang dan Intensi Misa

  13 Apr 2014, 18:34

Apa arti intensi misa?
Intensi misa berarti misa yang dirayakan oleh imam diaplikasikan untuk kepentingan/wujud tertentu umat pemberi intensi.

Uang dan Intensi Misa

Haruskah ada uang dalam intensi misa?
Pertama, intensi misa biasanya disertai dengan sejumlah uang (biasa disebut stipendium atau stips). Pemberian uang dalam intensi misa ini merupakan kebiasaan Gereja yang teruji sejak abad-abad pertama sejarah Gereja (KHK kan. 945 § 1). Imam yang merayakan misa hanya boleh menerima 1 (satu) stipendium dari semua intensi misa selama satu hari. Berapa kali misa pun yang dirayakan, dan berapa banyak pun intensi misa, imam tersebut hanya boleh menerima satu stipendium.
Kedua, para imam harus merayakan misa untuk intensi umat beriman, terutama yang miskin, juga tanpa menerima stipendium (KHK kan. 945 § 2). Artinya, intensi misa tidak harus pakai uang, terutama bagi mereka yang miskin.

Apakah uang dalam intensi misa merupakan ukuran terkabulnya suatu intensi?
Tidak sama sekali! Terkabulnya suatu intensi tidak ada kaitannya dengan seberapa besar atau kecilnya jumlah uang dalam intensi, tetapi tergantung dari belas kasih Allah.

Untuk apa uang dalam intensi misa itu?
Sejumlah uang dalam intensi misa itu merupakan derma atau persembahan dari umat sebagai ungkapan syukur yang diberi dari ketulusan hati mereka. Dengan memberikan sejumlah uang tersebut, kecil atau besar, umat telah ikut berpartisipasi untuk membantu kesejahteraan Gereja, serta mendukung para pelayan dan karyanya. (KHK kan. 946). Jadi, tujuan uang dalam intensi misa itu ialah untuk kesejahteraan Gereja dan membantu kehidupan para pelayan Gereja.

Lihat Juga:

Katekese Lainnya...

Renungan Harian

Jumat, 15 November 2019

Hari Biasa Pekan XXXII Meskipun semua nyanyian sama, nyanyian gregorian yang merupakan ciri khas liturgi Romawi, hendaknya diberi tempat utama ....

Selengkapnya

Jadwal Misa Rutin

Sabtu Pukul 16:30
  Pukul 19:00
 
Minggu Pukul 06:30
  Pukul 09:00
  Pukul 11:30
  Pukul 16:30
  Pukul 19:00

Selengkapnya

Kalender Liturgi