Tuhan sebagai Landasan Hidup Berkeluarga

  21 Aug 2014, 10:34

Judul buku: Keluarga Bersekutu dalam Sabda
Editor: Jarot Hadianto
Penerbit: Lembaga Biblika Indonesia
Tahun terbit: 2013
Tebal: 232 hlm.

Tuhan sebagai Landasan Hidup Berkeluarga

Kondisi zaman adalah tantangan bagi orang Katolik untuk mewujudkan kehidupan yang berciri kesaksian. Orang Katolik ditantang untuk memancarkan cahaya Injil di dalam kekelaman dosa, juga untuk membangun hidup di atas dasar pijakan iman tak moral. Konsili Vatikan II, melalui Konstitusi Dogmatis 'Dei Verbum' menegaskan: Kitab Suci hendaknya menjadi santapan jiwa dan inspirasi bagi kehidupan umat Kristiani.

Hidup berkeluarga pun tak lepas dari tantangan zaman. Panggilan hidup berkeluarga pun menyeruakkan harapan: keluarga menjadi 'sekolah dasar' pendidikan iman. Pengenalan dan penghayatan Kitab Suci dalam keluarga pun diharapkan dapat memperbaiki kualitas Gereja.

Buku ini merupakan kumpulan tulisan dan refleksi hidup berkeluarga berdasarkan Kitab Suci. Sebanyak empat belas tulisan mengulas praksis hidup berkeluarga dikaitkan dengan Kitab Suci. Rm. Surip Stanislaus OFMCap misalnya, menyoroti Kitab Kidung Agung sebagai untaian makna di balik kisah kasih sejati. Perkawinan dalam Perjanjian Lama diketengahkan oleh Rm. Albertus Purnomo OFM, sedangkan makna perkawinan dalam Perjanjian Baru dikemukakan oleh Rm. H. Pidyarto O.Carm (melalui Surat-surat Santo Paulus), dan Alfons Jehadut (menurut Rasul Paulus). Aspek-aspek lain dalam hidup keluarga, seperti relasi suami-istri, pendidikan anak-anak, serta penghormatan terhadap orang tua, juga diulas dalam tulisan tersendiri.

Buku ini menarik dan sangat baik untuk dibaca. Bahasa yang digunakan para penulis cukup sederhana dan mudah dimengerti. Silakan meminjam buku ini di Perpustakaan MBK. (hdj)

Lihat Juga:

Resensi Buku Lainnya...

Renungan Harian

Jumat, 15 November 2019

Hari Biasa Pekan XXXII Meskipun semua nyanyian sama, nyanyian gregorian yang merupakan ciri khas liturgi Romawi, hendaknya diberi tempat utama ....

Selengkapnya

Jadwal Misa Rutin

Sabtu Pukul 16:30
  Pukul 19:00
 
Minggu Pukul 06:30
  Pukul 09:00
  Pukul 11:30
  Pukul 16:30
  Pukul 19:00

Selengkapnya

Kalender Liturgi