Musik

  4 Feb 2017, 14:09

Merupakan salah satu bentuk komunikasi yang berbeda. Saat bermusik dan bernyanyi, pikiran akan menjadi lebih santai karena melakukan hal yang disukai.

Musik

Musik dan menyanyi merupakan dua sisi mata uang yang tak terpisahkan. Apabila sisi yang lain dilupakan akan timbul masalah serius. Seperti yang dialami grup musik pop dance Mili Vanilli, duo pria ganteng Fabrice Morvan dan Robert Pilatus, yang dibentuk Fank Farian di Jerman, pada 1988.

Sempat diganjar Grammy Award untuk kategori Best New Artist pada 22 Februari 1990, sebelum Fab Morvan, kelahiran 14 Mei 1966 dan Rob Pilatus, kelahiran 8 Juni 1965 ini dicampakkan penggemar mereka karena terbukti tidak bisa menyanyi dan hanya melakukan lip-sync (lip synchronisation).

Lewat album pertama All or Nothing (1988), ketenaran Milli Vanilli mulai menyebar di seluruh dunia. Album ini diremix dengan judul baru Girl You Know It's True untuk peredaran di Amerika Serikat, dan menghasilkan empat hit single, All or Nothing, Girl I'm Gonna Miss You, Baby Don't Forget My Number dan Blame It On The Rain.

Saat Mili Vanilli menjadi skandal industri musik, alasan Frank Farian sederhana. Penyanyi asli Mili Vanilli (Charles Shaw, John Davis, dan Brad Howell) dinilai tidak layak jual karena tidak ganteng dan tidak atraktif. Akibatnya, Morvan dan Pilatus harus menanggung malu, hanya empat hari Grammy yang mereka terima harus dikembalikan.

Morvan dan Pilatus terpukul. Sempat ingin bangkit, namun sanksi sosial terlalu berat. Kondisi Pilatus lebih parah, berusaha menyanyikan lagu rohani, namun juga gagal. Akhirnya pria kelahiran 8 Juni 1965 ini ditemukan meninggal pada 2 April 1998 dan belum sempat mengeluarkan album rohani.

Menurut Diana Sanchez dalam The Hymns of the United Methodist Hymnal, menyanyikan puji-pujian rohani seperti mendapat pelajaran tentang Kitab Suci. Tentang cinta kasih. Tentang kehidupan sesama kita. Tentang anugerah Tuhan yang berlimpah. Tentang kehidupan dan pengajaran Yesus.

Gereja Maria Bunda Karmel juga memiliki Orang Muda Katolik yang menggeluti musik dan menyanyi lewat grup Music Ministry MBK, yang sudah menghasilkan dua album rohani. Di Facebook Music Misnitry MBK, ada dua grup.

Grup utama digawangi, Yohanes Edwin Subianto, Heinrich Samuel Fabian Nursalim, Angel Equilia, Bastian Wirawan, Oktavianus Ardian Hartono, Adrian Ligasetiawan, David Ovaldo Servus, Vinsensius Deddy, Angela Stacia.

Grup kedua, Rendy Stevanus, Mariza Metantia, Dianx Victoriuz, Willy Tanujaya, Adrian Laurensius, dan Yuvensius Ian Danarko. Ada banyak cara memuji Tuhan.

Lihat Juga:

Editorial (WM) Lainnya...

Renungan Harian

Rabu, 26 Februari 2020

Hari Rabu Abu - Hari Puasa dan Pantang Puasa rohani dan suci ini, sebaiknya kita kaitkan dengan pemberian sedekah, yang meliputi berbagai macam...

Selengkapnya

Jadwal Misa Rutin

Sabtu Pukul 16:30
  Pukul 19:00
 
Minggu Pukul 06:30
  Pukul 09:00
  Pukul 11:30
  Pukul 16:30
  Pukul 19:00

Selengkapnya

Kalender Liturgi