Panggilan

  10 Dec 2016, 13:37

Tuhan memanggil bisa dalam bentuk apapun, profesi apapun dan di manapun. Gereja Maria Bunda Karmel (MBK) kedatangan pastor baru, Romo Alfonsus Arpol Manik, O.Carm dari Medan, Sumatera Utara menggantikan Romo Robertus Andy Priambada, O.Carm, yang ditugaskan ke Kaimana, Papua Barat.

Panggilan

Jika Romo Andy mengaku sewaktu muda sempat mengabaikan panggilan, dan baru menjawab setelah meniti karier sebagai guru, tidak demikian dengan Romo Alfonsus. Romo Alfons menjawab melalui jalur panggilan normal, masuk seminari, novisiat, seminari tinggi hingga ditahbiskan sebagai Pastor Karmelit.

Panggilan terlambat ternyata banyak terjadi, tidak hanya di lingkungan Ordo Karmel. Bagi Tuhan, panggilan tidak mengenal usia muda atau tua, cantik atau ganteng. Jika Romo Andy ditahbiskan sebagai Imam Karmelit di usia 42, pada 2013. Satu tahun kemudian, persisnya 10 Oktober 2014, publik Inggris dikejutkan keputusan Martina Purdy, menjadi Biarawati.

Martina Purdy, merupakan wartawati senior BBC, berparas cantik dan memiliki karier yang cemerlang sebagai wartawan politik. Selama 20 tahun terakhir ini, Purdy yang mengawali karir jurnalistiknya di The Belfast Telegraph dan The Irish News ini muncul menjadi sosok jurnalis terpopuler di BBC Irlandia Utara, berkat laporan-laporan tajamnya. Purdy juga menjadi bagian dari tim negosiator konflik antara Irlandia Utara dan Inggris.

Saat banyak orang mempertanyakan keputusannya, Purdy hanya mengatakan, ingin memasuki dunia baru. Mungkin, banyak orang yang tidak bisa memahami keputusannya. Namun, Purdy tidak peduli. Dia sudah menjawab, "Yes, Lord, I'm in. I want to be transformed. Ini merupakan keputusan yang saya cintai dan memberi suka cita besar dalam hidup saya."

Purdy meminta media tidak membesar-besarkan keputusannya dan menghormati privasinya dan privasi Kongregasi Sakramen Mahakudus. Latar belakang Purdy memang dari lingkungan keluarga Katolik, namun sejak remaja dia dikenal bukan seorang Katolik yang taat.

Menjelang 45 tahun usia Paroki Tomang, Gereja MBK baru memiliki satu pastor Karmelit, Romo Leonardus Krisna Aji Nugroho, O.Carm. Panggilan bisa datang dari mana saja, seperti yang dialami Romo Andy, atau Suster Martina. Kuncinya adalah bagaimana menjawab panggilan itu dan menerima Tuhan, dengan mengucapkan selamat datang panggilan.

Seperti juga kami umat Gereja menerima Romo Alfonsus Arpol Manik, O.Carm, dengan ucapan selamat datang, selamat melayani.

Lihat Juga:

Editorial (WM) Lainnya...

Renungan Harian

Rabu, 26 Februari 2020

Hari Rabu Abu - Hari Puasa dan Pantang Puasa rohani dan suci ini, sebaiknya kita kaitkan dengan pemberian sedekah, yang meliputi berbagai macam...

Selengkapnya

Jadwal Misa Rutin

Sabtu Pukul 16:30
  Pukul 19:00
 
Minggu Pukul 06:30
  Pukul 09:00
  Pukul 11:30
  Pukul 16:30
  Pukul 19:00

Selengkapnya

Kalender Liturgi