Lingkungan

  15 Jan 2017, 06:05

Jika membicarakan lingkungan (hidup), tentu tidak terlepas salah satu unsurnya adalah sampah. Banyak masyarakat yang peduli lingkungan hidup berusaha mengatasi masalah sampah ini dengan mengubah sampah menjadi berkah, mengubah sampah menjadi rupiah, dengan mendirikan Bank Sampah.

Lingkungan

Sebut saja, Bambang Suwerda, perintis Bank Sampah yang berprofesi sebagai dosen Politeknik Kesehatan, Kementerian Kesehatan Yogyakarta, Sri Handayani, pemilik Bank Sampah Handayani, Sleman atau Heriyanti, yang mengubah sampah menjadi berkah, sampah menjadi rupiah, di Jakarta Timur.

Namun, atas nama lingkungan hidup, Salim Kancil, aktivis lingkungan hidup yang menolak tambang pasir di Lumajang, tewas mengenaskan. Sebuah tulisan di samping gambar Salim Kancil berbunyi: DI TANAH KAMI NYAWA TAK SEMAHAL TAMBANG. SALIM KANCIL DIBUNUH

Sementara perjuangan Gunretno dan Srikandi Kendeng bersama komunitas Sedulur Sikep, yang berjuang menolak pendirian pabrik semen di kawasan pegunungan Kendeng, belum juga membuahkan hasil.

Umat Katolik memiliki Romo Andang Binawan SJ, tokoh yang peduli lingkungan hidup dan sampah. Lingkungan merupakan tempat yang lekat dalam kehidupan manusia. Lingkungan menyediakan segala kebutuhan manusia yang tidak ternilai. Dengan kata lain, seluruh kehidupan manusia sangat bergantung kepada kelestarian lingkungan hidup.

Namun manusia lebih sering tidak peduli dan mengabaikan lingkungan hidup yang bermartabat. Lebih sering mengekspolitasi secara berlebihan tanpa memikirkan dampak atau akibatnya. Sengaja merusak lingkungan dengan sadar, lupa untuk memelihara.

Umat Paroki Tomang, Gereja Maria Bunda Karmel (MBK), sudah saatnya memberi contoh nyata penyelamatan lingkungan hidup, lewat gerakan yang berkesinambungan. Gerakan peduli lingkungan dan penduli sampah. Tanpa dukungan umat, gerakan mulia ini akan sulit direalisasikan.

Seperti harapan Romo Andang Binawan SJ, "Jika dulu umat Katolik dikenal sebagai umat yang jujur dan disiplin, kini saya berharap ditambah satu lagi, umat Katolik peduli lingkungan hidup, khususnya sampah. Sebab peduli sampah adalah cermin iman kita."

Lihat Juga:

Editorial (WM) Lainnya...

Renungan Harian

Rabu, 26 Februari 2020

Hari Rabu Abu - Hari Puasa dan Pantang Puasa rohani dan suci ini, sebaiknya kita kaitkan dengan pemberian sedekah, yang meliputi berbagai macam...

Selengkapnya

Jadwal Misa Rutin

Sabtu Pukul 16:30
  Pukul 19:00
 
Minggu Pukul 06:30
  Pukul 09:00
  Pukul 11:30
  Pukul 16:30
  Pukul 19:00

Selengkapnya

Kalender Liturgi