Sang Sabda Kehidupan

 Judith Widjaya  |     7 Jun 2015, 09:09

Hari ini kita merayakan Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus. Ini mengingatkan akan pesta perjamuan terakhir "Inilah tubuhKu dan inilah darahKu". Yesus sedang menunjuk perayaan ekaristi yang kita rayakan setiap harinya. Kita diajak untuk masuk lebih dalam untuk hidup di dalam Dia.

Sang Sabda Kehidupan

Acapkali banyak dari kita hanya sekadar menerima hosti dan tidak memaknai arti sesungguhnya. Kita lalai saat menyambut Yesus dalam hidup kita. Datang terlambat ke perayaan ekaristi, malah baru hadir saat bacaan atau sesudahnya, asyik bercakap-cakap dengan orang di sebelah kita, asyik bergadget ria, makan dan menghabiskan rokok dulu, kurang layaknya pakaian atau kebersihan diri, dan lain-lain.

Padahal ekaristi adalah sakramen yang menghadirkan kenyataan rohani dalam diri kita. Kita datang ke ekaristi bukan karena terpaksa, ikut-ikutan, tugas maupun tanggung jawab, tapi memperdalam pemberian anugerah dalam diri kita, sehingga semakin lama semakin meningkat dan Yesus ingin menjadi Roti Kehidupan kita. Dalam ekaristi, kita akan bersekutu, bersatu dengan diri-Nya.

Undangan Yesus
Tentunya kita mendambakan kepuasaan dahaga spiritual. Yesus menyediakan makanan abadi bagi orang yang membutuhkan-Nya. Rasanya kita akan senang, bersukacita, damai sejahtera, bahagia, apabila kita dapat menjadi teladan dan contoh yang lapar dan haus akan cinta kasih-Nya karena kesenangan lain tidak ditemukan di manapun. Sehingga Yesus pun akan melakukannya dengan memberikan tubuh dan darah-Nya sendiri.

Kita masih melakukan hal-hal yang banyak duniawinya, hal-hal rohani dikesampingkan, dinomorduakan. Padahal semuanya itu hanya memuaskan sementara aja. Hendaknya kita menjawab undangan Yesus dan perlu menyiapkan diri untuk terus bertumbuh menjadi serupa dengan citra-Nya.

Mari kita belajar untuk mempersiapkan diri dalam menyambut kehadiran Yesus di dalam hidup kita lewat perayaan ekaristi. Karena kita menyambut Dia, maka kita memiliki hidup yang dijanjikan-Nya.

Apakah Anda menyadari bahwa ekaristi merupakan undangan untuk terus menjadi anggota Keluarga Allah?

Lihat Juga:

Renungan (WM) Lainnya...

Renungan Harian

Selasa, 16 Januari 2024

Hari Biasa Pekan II Ekaristi harus disediakan bagi umat beriman, antara lain "sebagai penangkal, melaluinya kita dibebaskan dari kesalahan-kesalahan...

Selengkapnya

Jadwal Misa Rutin

Sabtu Pukul 16:30
  Pukul 19:00
 
Minggu Pukul 06:30
  Pukul 09:00
  Pukul 11:30
  Pukul 16:30
  Pukul 19:00

Selengkapnya

Kalender Liturgi