Pesta Pembaptisan Tuhan

 Medyanto O.Carm  |     11 Jan 2014, 08:53

Berapa jumlah baptisan bayi (di bawah tujuh tahun) di Paroki Tomang? Ada dua puluh lima bayi, rata-rata setiap bulannya. Anda terkejut membacanya? Ya itulah fakta yang terjadi selama beberapa tahun terakhir ini. Bisa dihitung berapa jumlah anak-anak yang ada di paroki ini dalam lima tahun terakhir, dan lima tahun yang akan datang.

Kita tidak cukup hanya bangga bisa rutin setiap bulan ada baptis bayi. Sementara di paroki lain hanya ada dua atau tiga bulan sekali. Yang perlu dipikirkan bersama adalah pembinaan, pendidikan, pendampingan iman Kristiani kepada anak-anak ini. Sudahkah orang tua dan setiap elemen yang ada sungguh-sungguh memberikan perhatian untuk pembinaan iman anak-anak usia dini? Tidak cukup hanya dibaptis.

Hari ini kita merayakan Pembaptisan Tuhan Yesus. Tuhan ambil bagian dalam penyucian dunia. Dunia dan manusia disucikan dikuduskan pada saat Tuhan masuk dan keluar dari air sungai Yordan. Semesta alam bersukacita. Dialah Putera Allah yang terkasih, dan Bapa berkenan kepadaNya.

Baptisan membawa konsekuensi lanjutan, yaitu ambil bagian dalam tugas-tugas yg dicanangkan Allah. Menegakkan orang yg lemah lesu, menyembuhkan orang yang sakit, membawa keluar orang yang terpenjara, dan sebagainya.

Setiap orang yang percaya pada Yesus mengalami baptisan. Lewat baptisan, orang mengalami pembersihan diri dan disucikan, menjadi anak-anak Allah.

Kiranya baptisan yang sudah kita terima, dapat mengubah wajah dunia jadi lebih baik, berkat cara hidup kita yang baik.

Lihat Juga:

Renungan (WM) Lainnya...

Renungan Harian

Selasa, 16 Januari 2024

Hari Biasa Pekan II Ekaristi harus disediakan bagi umat beriman, antara lain "sebagai penangkal, melaluinya kita dibebaskan dari kesalahan-kesalahan...

Selengkapnya

Jadwal Misa Rutin

Sabtu Pukul 16:30
  Pukul 19:00
 
Minggu Pukul 06:30
  Pukul 09:00
  Pukul 11:30
  Pukul 16:30
  Pukul 19:00

Selengkapnya

Kalender Liturgi