Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus

 Medyanto O.Carm  |     1 Jul 2014, 23:32

Manusia bisa bertahan hidup dan menjalaninya karena ada asupan gizi yang baik dalam tubuh, dari makanan dan minuman setiap hari. Tidak mengherankan tiap keluarga berusaha menyajikan menu masakan yang bergizi untuk menunjang kesehatan dan aktivitas.

Hari ini kita merayakan HARI RAYA TUBUH DAN DARAH KRISTUS. Perayaan hari raya ini ditetapkan oleh Paus Urbanus IV pada tahun 1264, dengan mengeluarkan Bulla Transiturus de hoc mundo. Sebuah penghormatan dan keyakinan yang amat luhur terhadap tubuh dan darah Tuhan Yesus setiap kali kita merayakan Ekaristi.

Yesus dalam Injil menyebut 6x kata "roti"; 5x kata "daging-Ku" dan "daging Anak Manusia"; 4x kata "darah-Ku dan darah-Nya". Hal ini menunjukkan betapa penting dan sarat makna yang terkandung di dalamnya. Yesus menunjukkan bahwa makanan dan minuman yang sesungguhnya adalah daging dan darah-Nya. Bukan sekedar makanan minuman yang menguatkan jasmani, melainkan lebih dalam lagi demi pertumbuhan batin rohaniah manusia.

Dialah roti hidup, yang membawa keselamatan selama-lamanya. Bukan makanan yang membuat kenyang sesaat.

Kita pun perlu memaknai lebih dalam setiap kali menyambut tubuh Kristus. Semoga hidup kita selalu dibaharui karena boleh membawa Yesus dalam tubuh fana ini. Makin hari makin erat bersatu dengan Dia. Amin.

Lihat Juga:

Renungan (WM) Lainnya...

Renungan Harian

Selasa, 16 Januari 2024

Hari Biasa Pekan II Ekaristi harus disediakan bagi umat beriman, antara lain "sebagai penangkal, melaluinya kita dibebaskan dari kesalahan-kesalahan...

Selengkapnya

Jadwal Misa Rutin

Sabtu Pukul 16:30
  Pukul 19:00
 
Minggu Pukul 06:30
  Pukul 09:00
  Pukul 11:30
  Pukul 16:30
  Pukul 19:00

Selengkapnya

Kalender Liturgi