Selamat Tahun Baru, Mari Menjaga dan Membangun Bait Allah

  28 Nov 2014, 16:21

Hari ini adalah awal tahun baru Gereja. Maka layaklah kita mengucapkan selamat Tahun baru dan memposisikan diri untuk mulai dengan lembaran baru dalam hidup kita. Lembaran yang tidak mengulangi kebiasaan-kebiasaan buruk dan mengkatkan kebaikan yang telah kita perbuat dalam tahun lalu.

Dalam Raker Dewan Paroki Pleno Minggu 23 November lalu seluruh pengurus Dewan Paroki bersama-sama mempersembahkan Program Karya 2015 kepada Bapa Disurga agar diberi kemudahan dan kelancaran dalam melaksanakan program tersebut bersama umat seluruh Paroki. Demikian paroki kita juga bersama-sama seluruh umat memulai lebarannya yang baru dalam karya pelayanannya.

Gereja yang selalu mawas diri, tidak berpesta pora dalam menyongsong tahun baru, awal tahun yang merupakan lembaran baru selain memberikan harapan juga merupakan tantangan yang perlu di jawab dengan tekat dan semangat untuk berkarya bagi kemuliaan Tuhan. Awal tahun Gereja dimulai dengan Adven I, masa penantian, masa persiapan menyambut kedatangan Tuhan yang akan datang pada hari Natal nanti.

Dalam bacaan injil Gereja memperingatkan bahwa Tuhan dapat sewaktu-waktu memanggil kita, sebagaimana majikan yang kembali dari perantauan dan minta pertanggungan jawab kita, bagaimana kita usaha menjaga bait Allah yang dipercayakan pada kita.

Tubuh kita adalah bait Allah yang harus kita jaga kemurnian dan kesuciannya.

Beberapa minggu lalu, bacaan Injil membahas tetang bagaimana kita mengembangkan talenta yang diberikan pada kita. Jadi jelaslh Tuhan mengharapkan kita tidak hanya menjaga "Bait Allah" yang dipercayakan pada kita tetapi juga mengembangkannya agar memberikan manfaat bagi kita sendiri dan sesama.

Paroki mengajak kita pada tahun depan untuk memperhatikan pengembangan keluarga kita. Karena keluarga yang merupakan unit-unit gereja kecil harus selalu kita jaga agar tetap menjadi tempat yang penuh cinta kasih dan sumber yang subur untuk pengembangan iman dan semangat anggota-anggotanya.

Pada saatnya nanti Tuhan akan memanggil kita untuk mempertanggung jawabkan pelaksanaan tugas itu.

Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu bilamanakah tuan rumah itu pulang, menjelang malam, atau tengah malam, atau larut malam, atau pagi-pagi buta, supaya kalau ia tiba-tiba datang jangan kamu didapatinya sedang tidur. Apa yang Kukatakan kepada kamu, Kukatakan kepada semua orang: berjaga-jagalah!" (Mrk 13:35-37)

Lihat Juga:

Renungan (WM) Lainnya...

Renungan Harian

Selasa, 16 Januari 2024

Hari Biasa Pekan II Ekaristi harus disediakan bagi umat beriman, antara lain "sebagai penangkal, melaluinya kita dibebaskan dari kesalahan-kesalahan...

Selengkapnya

Jadwal Misa Rutin

Sabtu Pukul 16:30
  Pukul 19:00
 
Minggu Pukul 06:30
  Pukul 09:00
  Pukul 11:30
  Pukul 16:30
  Pukul 19:00

Selengkapnya

Kalender Liturgi