Siap Mewartakan Kebaikan

 Sigit Kurniawan  |     4 Mar 2017, 12:32

Dalam rangka mengembangkan media pewartaan milik Paroki Tomang Gereja Maria Bunda Karmel, Warta Minggu menggelar pelatihan jurnalistik di Aula Sekolah Tri Asih, Sabtu (25/2/2017). Pelatihan ini diisi dengan pelatihan menulis jurnalistik, mengenal pewartaan foto, dan membangun media digital untuk publikasi.

Pelatihan yang dilibati oleh sekitar 40 orang ini menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya. Mereka adalah Sigit Setiono, Wartawan Senior Warta Kota dan Superball, Henry Lopulalan, fotografer Warta Kota, dan Oktaviardi, praktisi web design.

Sebagai media komunikasi, Warta Minggu menjadi bagian tak terpisahkan dari pewartaan dan katekese Gereja. Paling tidak, pesan inilah yang disampaikan oleh Romo Kristianto Puji Sutrisno, O.Carm selaku pembimbing dalam sapaan pembuka pelatihan tersebut.

"Saat ini, kita hidup di era yang dijejali oleh banyaknya berita bohong atau hoax. Yang terjadi adalah banyaknya pribadi yang mengalami disinformasi yang berpotensi memecah belah. Ini juga yang menjadi keprihatinan Paus Fransiskus," ujar Romo Kristianto.

Di tengah konteks tersebut, sambung Romo, peran Warta Minggu sebagai media yang mewartakan kebaikan dan kebenaran menjadi penting. Warta Minggu dipanggil untuk mewartakan segala sesuatu yang membantu pembaca (umat) dalam membangun dan mengembangkan iman, harapan, dan kasih mereka.

"Ini merupakan katekese dalam bentuk tulisan, baik online, cetak, maupun video yang sedang dikembangkan sekarang. Gerakan ini tak boleh mati. Perlu kerja sama untuk memberikan informasi yang baik dan benar bagi umat," katanya.

Di pelatihan ini juga, peserta yang kebanyakan berasal dari lingkungan di paroki diajak untuk terlibat dalam pewartaan media ini. Entah dengan mengirimkan berita-berita lingkungan, refleksi iman atau foto/video yang bisa dibagikan kepada umat lain melalui Warta Minggu. Sebagai tindak lanjut pelatihan, grup khusus WhatApp pun dibentuk untuk kepentingan mentoring. Harapannya, Warta Minggu ke depannya, akan diwarnai oleh tulisan-tulisan dari para penulis baru. Termasuk, konten-konten mingguan ini makin variatif dan menjangkau seluruh komponen paroki MBK.

Lihat Juga:

Seputar MBK (WM) Lainnya...

Renungan Harian

Selasa, 16 Januari 2024

Hari Biasa Pekan II Ekaristi harus disediakan bagi umat beriman, antara lain "sebagai penangkal, melaluinya kita dibebaskan dari kesalahan-kesalahan...

Selengkapnya

Jadwal Misa Rutin

Sabtu Pukul 16:30
  Pukul 19:00
 
Minggu Pukul 06:30
  Pukul 09:00
  Pukul 11:30
  Pukul 16:30
  Pukul 19:00

Selengkapnya

Kalender Liturgi