Mendalami Liturgi Ekaristi yang Baik, Benar, Indah

 Judith Widjaya  |     5 May 2017, 14:20

Seksi Liturgi berkolaborasi dengan Seksi Kepemudaan menyelenggarakan acara sarasehan liturgi dengan tema "Berliturgi EKaristi dengan Benar dan Baik" di Aula Tri Asih, Minggu (30/4/2017), dengan narasumber RD. H. Sridanto Aribowo, Ketua Komisi Liturgi Keuskupan Agung Jakarta. Dalam kesempatan ini mengundang seksi liturgi lingkungan, seksi tata laksana lingkungan, seksi kepemudaan atau orang muda katolik lingkungan.

Herman Yosef Suharyanto selaku ketua panitia memilih sarasehan karena ingin pertemuan antara peserta dengan narasumber dapat berlangsung dalam suasana santai dan tidak formal seperti di seminar, misalnya. Panitia berharap dengan konsep sarasehan tersebut dapat berbentuk talk show dan
peserta akan merasa lebih dekat dengan narasumber, sehingga akan lebih menarik dan mudah dalam memahami topik yang telah panitia pilih.

Romo Andreas Yudhi Wiyadi O.Carm menuturkan bahwa ekaristi sebagai sumber puncak gereja. Apa yang bisa menjadi inspirasi dan berkat kalau tidak ada ekaristi. Yesus selalu hadir merayakan bersama dengan kita. Anak-anak muda jangan sampai tidak mencintai ekaristi. "Mari kita lakukan dengan baik, benar, indah. Kalau indah maka akan dirasakan oleh umatnya. Ekaristi adalah ibadat surgawai. Sebesar apapun KRK dan lainnya, ekaristi tiada duanya. Orang untuk bisa menuntun, maka mewartakan ekaristi dengan baik dan benar." ujarnya.

Romo Danto memaparkan apa yang perlu diketahui tentang liturgi, penghayatan makna dan serba serbinya, tata gerak, perlengkapan misa dan jubah-jubah misa yang dikenakan sesuai dengan makna dan fungsinya.

Santoso Gunawan selaku ketua sub seksi tata laksana memaparka tujuan tata laksana, persiapan sebelum misa dimulai, setelah misa dimulai, pada saat misa selesai, dan tugas lainnya. Masih banyak orang selama ini beranggapan bahwa bertugas menjadi tata laksana mudah, tetapi banyak hal yang musti dilakukan dan dipersiapkan dengan matang.

Kedepannya, dengan diselenggarakan sarasehan liturgi bersama Komisi Liturgi KAJ, peserta akan lebih meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang liturgi ekaristi langsung dari ahlinya, serta dapat menjadi contoh untuk umat di lingkungannya masing-masing dalam menerapkan pengetahuan dan pemahaman akan liturgi ekaristi dengan benar, baik, dan indah. Juga mampu meningkatkan kesadaran dan keaktifan umat dalam menghormati dan mencintai liturgi ekaristi.

Lihat Juga:

Seputar MBK (WM) Lainnya...

Renungan Harian

Jumat, 7 Agustus 2020

Hari Biasa Pekan XVIII (Jumat Pertama Dalam Bulan) "Jiwa, yang telah dipersatukan dan diubah dalam Allah, bernapas di dalam Allah dengan pernapasan...

Selengkapnya

Jadwal Misa Rutin

Sabtu Pukul 16:30
  Pukul 19:00
 
Minggu Pukul 06:30
  Pukul 09:00
  Pukul 11:30
  Pukul 16:30
  Pukul 19:00

Selengkapnya

Kalender Liturgi