Berdoa Lebih Berani

  19 Aug 2010, 17:53

Hari minggu 25 Juli 2010 di kapel St. Theresia Lisieux MBK dipersembahkan misa konselebrasi yang dipimpin oleh Rm. Martinus Gunawan O.Carm, Delegatus Karmelit Awam Provinsi Indonesia, Malang. Ia didampingi oleh Rm. Hardjito O.Carm (Direktur Karya Kepausan Indonesia) dan Rm. Radix O.Carm dari MKK. Hadir juga bruder-bruder Karmel, Hermanas Carmelitas dan suster PIJ. Koor dari Paduan Suara Ratu Damai (Wil VI-MBK) yang dipimpin Ismu dan dirigen Lily. Pemazmur Lukas.

Berdoa Lebih Berani

Acaranya adalah pengucapan Profesi kekal dari enam saudara, penerimaan empat anggota baru serta pembaruan profesi dalam Ordo Ketiga Karmel. Profesi adalah ikatan dasar dengan Ordo Karmel. Mereka yang berprofesi adalah manusia lemah yang butuh bantuan dan menimba kekuatan dari Spiritualitas Karmel. Ketaatan dan kemurnian untuk mengasihi Allah dengan lebih dalam lagi.

Rm. Gunawan mengajak untuk "Berani berdoa, berdoa lagi." Seperti Abraham yang memohon dan memohon kepada Tuhan agar jangan membinasakan Sodom dan Gomora. Injil juga menegaskan: "Mintalah, maka kamu akan diberi; ketuklah maka pintu akan dibukakan." Allah itu sungguh kasih. Manusia yang jahat, tidak memberi ular pada anaknya yang minta ikan; tidak memberi kalajengking pada anaknya yang minta telur."Apalagi Bapa kita yang ada di surga. Doa Bapa Kami juga didoakan Yesus.

Berdoa Lebih Berani

Romo juga tidak lupa menyelipkan ujar-ujar Beato Titus Brandsma (1881-1942) imam, jurnalis, martir Karmelit yang membuka misi ke Indonesia: "Doa jangan hanya dijadikan oase dalam perjalanan, berdoa waktu istirahat; doa harus jadi nafas kehidupan, tanpa doa bisa mati."

Suatu upacara yang baru dilakukan di Jakarta adalah sebelum pengucapan profesi kekal didoakan Litani Orang Kudus. Dan setelah pembaruan profesi, anggoa membawa lilin ke altar St. Maria Bunda Karmel.

Pada hari yang sama dirayakan HUT Imamat ke-40 dari Rm. Poespo O.Carm, pembimbing rohani Komunitas Flos Carmeli KAJ. Ada begitu banyak umat yang hadir pertanda Karmelit Awam semakin dikenal dan diterima umat MBK.

(Tomas Samaria)

Lihat Juga:

Seputar MBK (WM) Lainnya...

Renungan Harian

Selasa, 10 Desember 2019

Hari Biasa Pekan II Adven Makhluk ciptaan keluar dari tangan Allah yang dibuka dengan kunci cinta. (St. Thomas Aquinas)...

Selengkapnya

Jadwal Misa Rutin

Sabtu Pukul 16:30
  Pukul 19:00
 
Minggu Pukul 06:30
  Pukul 09:00
  Pukul 11:30
  Pukul 16:30
  Pukul 19:00

Selengkapnya

Kalender Liturgi