Menggereja Pun Perlu Dievaluasi!

  19 Aug 2010, 21:17

Mendengar kata evaluasi, sikap kita dapat berbeda-beda. Ada yang nyantai aja, ada yang bengong karena nggak ngerti, ada yang langsung resistan karena takut dikritik atau merasa terancam, ada yang malah bersemangat karena merasa mendapat kesempatan mengeluarkan uneg-uneg, ada juga yang diam-diam ngabur atau menghilang entah kenapa... Ada yang menganggap evaluasi adalah bagian integral dari sebuah kegiatan, ada yang sinis, ada yang skeptis, ada yang langsung capek karena pengalaman buruk dalam mengikuti evaluasi, ada juga yang takut kena marah atau caci-maki...

Menggereja Pun Perlu Dievaluasi!

Sikap yang berbeda-beda itu juga tampil, ketika aktivitas menggereja di paroki pun dievaluasi. Malahan, ada anggapan bahwa evaluasi di paroki itu tidak perlu, karena sifat kegiatannya adalah pelayanan. Kalau dievaluasi, ntar orangnya malah ngambek & nggak mau melayani lagi...

Kenyataannya, yang namanya evaluasi itu sama saja dengan sharing pengalaman. Konkretnya: pengalaman menggereja di semua kelompok (Wilayah, Lingkungan, Seksi). Karena sharing, tujuannya ya untuk berbagi pengalaman-pengalaman menyenangkan, menyedihkan, bantuan yang diterima, kesulitan yang dihadapi dan sebagainya.

Kalau peserta evaluasi saling berbagi pengalaman & saling mendengarkan, akan mudah untuk meningkatkan pemahaman satu sama lain. Jika pemahaman dapat terjalin, akan mudah juga mengupayakan kerja sama di antara semua pihak. Ujung-ujungnya, aktivitas menggereja akan jadi perjalanan bersama yang menggembirakan & meneguhkan!

Komunitas Paroki Tomang - Gereja Maria Bunda Karmel tengah menuju Raker 2010, yang akan dilaksanakan pada 5 Desember 2010. Perjalanan menuju Raker 2010 itu melewati proses yang bernama Rapat Evaluasi (12 Juli - 6 Agustus 2010) dan Praraker (17 Oktober 2010). Nah, sedikit jelas tampaknya, bahwa tahap yang bernama evaluasi atau sharing pengalaman itu, menjadi bagian yang sangat penting untuk mempererat persaudaraan & meningkatkan pelayanan paroki ke depannya nanti. Dengan adanya evaluasi atau sharing pengalaman, langkah-langkah menggereja ke depan diharapkan dapat lebih baik dan semakin baik lagi.

Panitia Raker 2010 menyampaikan penghargaan yang sebesar-besarnya atas keterlibatan para Ketua Wilayah, Ketua Lingkungan serta Ketua Seksi dalam proses evaluasi Raker 2010. Bagi yang belum sempat hadir atau memberikan laporan tertulis, Panitia Raker 2010 masih menantikan sharing pengalaman tersebut. Tanpa keterlibatan Anda, perjalanan menggereja ini jadi tidak lengkap, tidak utuh, karena kita adalah satu tubuh... Bahasa gaul-nya adalah: nggak ada loe, nggak rame!

Jika Ketua Wilayah, Ketua Lingkungan dan Ketua Seksi menemui kesulitan dalam men-sharing-kan kegiatannya, sejumlah contactpersons yang dapat dihubungi adalah: Cisca (0819 3250 7777), Robby (0811 849 829), Andreas (0838 9829 6004) dan Helen (0816 482 1965). Umat di Wilayah & Lingkungan serta anggota Seksi pun diajak untuk bersama-sama mendorong proses sharing pengalaman ini. Semoga, dalam kasih dan persaudaraan yang sejati, seluruh proses Raker 2010 ini dapat berjalan dengan baik & memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kita semua.

(Robby & Helen, Organizing Committee Raker 2010)

Lihat Juga:

Seputar MBK (WM) Lainnya...

Renungan Harian

Selasa, 10 Desember 2019

Hari Biasa Pekan II Adven Makhluk ciptaan keluar dari tangan Allah yang dibuka dengan kunci cinta. (St. Thomas Aquinas)...

Selengkapnya

Jadwal Misa Rutin

Sabtu Pukul 16:30
  Pukul 19:00
 
Minggu Pukul 06:30
  Pukul 09:00
  Pukul 11:30
  Pukul 16:30
  Pukul 19:00

Selengkapnya

Kalender Liturgi