Seputar Seminar Menyingkap Tabir Misteri Kematian

 Panitia Seminar Kolaborasi  |     21 May 2017, 00:49

Banyak umat masih belum memahami, bahwa urusan kematian bukanlah pelayanan sakramental. Andaikata pada saat yang bersamaan ada pelayanan baptisan, perkawinan atau pengurapan orang sakit, imam akan memilih melayani pelayanan sakramental, karena memang hanya imam yang bias melayani. Sedangkan pelayanan kematian bias diwakilkan kepada awam (prodiakon). Dalam hal ini tentunya pihak yang berduka dimohon pengertiannya.

Masih kentalnya adat istiadat dari keluarga Katolik yang berduka, tentunya banyak membuat banyak pertanyaan seputar dekorasi interior dan eksterior peti jenazah, "Ini boleh gak sih, itu boleh gak sih?" Pada Seminar Kolaborasi 27 Mei 2017, semua akan dibahas secara tuntas oleh Romo Yudhi Wiyadi O.Carm, dibantu Subseksi Dekorasi, Seksi Liturgi, pada Sesi 1.

Pada Sesi 2 akan hadir beberapa 'bintang tamu' yang mau 'berbagi' pengalamannya, satu di antaranya seorang anak berusia 15 tahun yang mempunyai talenta 'melihat sesuatu yang kasatmata'. Bahkan Romo Agung O.Carm kagum akan talenta anak ini sejak dulu. Kita juga akan diajak mendengar kesaksian seorang dokter yang mempunyai talenta melihat jiwa pasiennya sesaat setelah meninggalkan tubuhnya.

Setelah kita di Sesi 2 mengetahui adanya sosok kasat mata (jiwa) tanpa raga, tidak dipungkiri talenta-talenata pengilihatan itu ada. Romo Albertus Purnomo OFM akan mengulas 'Minyingkap Tabir Misteri Kematian'. Pada Sesi 3, kita diajak mengetahui pandangan Gereja Katolik mengenai jiwa yang meninggalkan tubuh sesaat setelah 'meninggal'. Akan dibahas oleh pakarnya yaitu Romo Albertus Purnomo OFM yang menekuni dan mendalami bidang yang jarang didalami oleh kebanyakan imam lainnya. Buku-buku yang sudah ditulisnya: Menyingkap Misteri Neraka, Iblis dalam Kitab Suci, Melacak Jejak Surga, Riwayat Api Penyucian, dan lain-lain.

Sesi terakhir, Romo Albertus Purnomo OFM juga akan memberikan pemahaman tentang Puncak Iman Kristiani dan arti dari kematian itu sendiri. Kematian bukan sesuatu yang menakutkan; justru kematian adalah awal dari kebangkitan, yang adalah puncak yang dinantikan setiap umat Katolik yang percaya. Akan banyak waktu tanya-jawab dari Romo Albertus Purnomo OFM kepada peserta mengenai seminar ini.

Seminar 27 Mei 2017 khusus untuk umat Paroki Tomang dimulai tepat pukul 08.00 WIB. Registrasi mulai pukul 07.30 WIB di Auditorium MBK. Pendaftaran lewat Ketua Lingkungan masing-masing. Yuk, segera daftarkan diri Anda.

Lihat Juga:

Seputar MBK (WM) Lainnya...

Renungan Harian

Selasa, 10 Desember 2019

Hari Biasa Pekan II Adven Makhluk ciptaan keluar dari tangan Allah yang dibuka dengan kunci cinta. (St. Thomas Aquinas)...

Selengkapnya

Jadwal Misa Rutin

Sabtu Pukul 16:30
  Pukul 19:00
 
Minggu Pukul 06:30
  Pukul 09:00
  Pukul 11:30
  Pukul 16:30
  Pukul 19:00

Selengkapnya

Kalender Liturgi