Ada Kasih dan Tanggung Jawab dalam Keluarga

 Judith Widjaya  |     28 May 2017, 07:43

Pelajaran Komuni Pertama yang dilaksanakan setiap Minggu pukul 12.00-14.00 WIB di Auditorium MBK lantai 2 telah selesai. Komuni Pertama akan diselenggarakan Minggu (18/6/2017) pada saat Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus.

Orang tua hendaknya terus mendampingi anak-anak, tidak hanya saat komuni pertama saja, tapi mengantar anak-anak untuk semakin memaknai dan mendalami perayaan ekaristi dari awal hingga akhir. Juga terus mengingatkan pentingnya menerima komuni dengan mengikuti misa yang baik dan benar, serta diakhiri dengan berkat dan perutusan.

Ada Kasih dan Tanggung Jawab dalam Keluarga

Oleh karenanya, diselenggarakan Rekoleksi Orang Tua Komuni Pertama, Minggu (21/5/2017) di Auditorium MBK lantai 2, dengan tema 'Menjadi Orang Tua yang Adil dan Beradab dalam Keluarga'. Acara dibuka dengan pujian dan siraman rohani oleh Romo Kristianto Puji Sutrisno O.Carm yang mengingatkan bahwa sebagai orang tua perlu membaca, mendalami, bagaimana mempertahankan iman Katolik, sehingga hal ini dapat ditularkan kepada anak-anak mereka.

Virene, dari Kursus Orang Tua Keuskupan Agung Jakarta memaparkan bagaimana menjadi orang tua yang penuh kasih dan bertanggung jawab. Tentunya anak dan orang tua harus mengalami kedekatan fisik emosional dan psikologi untuk bertubuh maksimal sesuai rancangan Tuhan.

Menurutnya, kekhasan setiap anak adalah pemberian Tuhan. Tidak ada anak yang nakal. Ubah kebiasaan buruk anak dengan mengajar apa yang seharusnya dilakukan. Juga pentingnya menerapkan disiplin dalam keluarga, seperti menjadi nahkoda bukan pemadam kebakaran, penting membuat anak sadar dan menghentikan kesalahan.

Maka, sebagai orang tua ajarkan tentang kasih dan tanggung jawab. Kasih yang penuh kesediaan melakukan demi kebaikan bersama, tentukan perbuatan kasih yang harus dilakukan (walau dalam situasi sulit), dan pertanggungjawabkan perbuatan kasih yang dipilih dan dilakukan.

Lihat Juga:

Seputar MBK (WM) Lainnya...

Renungan Harian

Rabu, 26 Februari 2020

Hari Rabu Abu - Hari Puasa dan Pantang Puasa rohani dan suci ini, sebaiknya kita kaitkan dengan pemberian sedekah, yang meliputi berbagai macam...

Selengkapnya

Jadwal Misa Rutin

Sabtu Pukul 16:30
  Pukul 19:00
 
Minggu Pukul 06:30
  Pukul 09:00
  Pukul 11:30
  Pukul 16:30
  Pukul 19:00

Selengkapnya

Kalender Liturgi