Ziarah 2017 Prodiakon MBK

 Panitia Ziarah  |     28 May 2017, 07:35

Umat Katolik biasa berziarah. Perjalanan ziarah mengingatkan, bahwa kita sedang dalam peziarahan di dunia menuju tanah surgawi. Demikian pula halnya dengan Prodiakon MBK, yang melakukan ziarah pada 10-14 Mei 2017 ke Jawa Timur.

Ziarah yang diikuti oleh 88 prodiakon beserta keluarga, dimulai dengan perjalanan kereta api ke Surabaya. Peziarahan lantas dilanjutkan dengan dua bus. Tujuan ziarah adalah paroki-paroki Karmel, tempat berkarya para romo yang pernah bertugas di MBK. Paroki-paroki itu adalah Pandaan - Gereja St. Theresia, Tidar - Gereja St. Andreas dan Kepanjen - Gereja Maria Tak Bernoda. Selain itu, Gua Maria Puhsarang di Kediri juga menjadi tujuan ziarah.

Ziarah 2017 Prodiakon MBK

Hari kedua, Paroki Pandaan menjadi tempat ziarah. Rombongan disambut oleh Rm. Aegidius Eko Aldilanto O.Carm dan Kepala Paroki, Rm. Aloysius Didik Setyawan CM, serta jajaran DPH. Setelah suguhan snack berupa jajan pasar dan minuman tradisional, diadakan misa dan ramah-tamah. Selepas dari Paroki Pandaan, rombongan menuju kota Batu untuk berekreasi sejenak di kebun apel Kusuma Agrowisata, membeli oleh-oleh dan makan malam di alun-alun Batu.

Keesokan harinya, setelah kedatangan Rm. Albertus Medyanto O.Carm, rombongan berangkat ke Gua Maria Puhsarang, Kediri. Di sana, dilakukan jalan salib bersama dan doa pribadi. Seusai acara, sambil menyantap makan siang di bus, rombongan melanjutkan perjalanan ke Paroki Tidar, Malang. Waktu sudah menunjukkan pkl. 19.00 WIB saat rombongan tiba, dan langsung disambut dengan makan malam. Sehabis makan, diadakan ramah-tamah bersama Kepala Paroki, Rm. F.X. Agis Triatmo O.Carm beserta pastor rekan Rm. A. Soedibyo O.Carm, ditemani Rm. Ig. Joko Purnomo O.Carm, Rm. Gregorius Jeffrey O.Carm dan menyusul belakangan adalah Br. Yesaya Singgih dan Br. Marcel.

Sabtu, hari keempat, rombongan berziarah ke Paroki Kepanjen. Peziarahan dimulai dengan misa yang dipimpin secara konselebrasi oleh Rm. Heribertus Supriyadi O.Carm dan Rm. Al. Medyanto O.Carm. Seusai misa, rombongan makan siang bersama lalu melanjutkan perjalanan ke Surabaya. Menginap semalam, paginya rombongan berekreasi ke Bangkalan, Madura, untuk melihat-lihat sentra jamu & batik, serta mencicipi Bebek Sinjay. Dari Madura, rombongan langsung menuju Bandara Juanda untuk pulang ke Jakarta.

Empat malam dalam peziarahan bersama, sungguh menjadi pengalaman yang mengesankan. Perjalanan ini membuat peserta menjadi lebih akrab, sekaligus juga dekat dengan Tuhan. Semoga kesempatan untuk berziarah dapat kembali terjadi.

Lihat Juga:

Seputar MBK (WM) Lainnya...

Renungan Harian

Rabu, 26 Februari 2020

Hari Rabu Abu - Hari Puasa dan Pantang Puasa rohani dan suci ini, sebaiknya kita kaitkan dengan pemberian sedekah, yang meliputi berbagai macam...

Selengkapnya

Jadwal Misa Rutin

Sabtu Pukul 16:30
  Pukul 19:00
 
Minggu Pukul 06:30
  Pukul 09:00
  Pukul 11:30
  Pukul 16:30
  Pukul 19:00

Selengkapnya

Kalender Liturgi