Bertolak ke Tempat yang dalam

 Judith Widjaya  |     29 Apr 2017, 12:27

Untuk pertama kalinya, Seksi Kerasulan Kitab Suci menyelenggarakan Rekoleksi bagi Fasilitator Emmaus Journey dan Pemandu Paroki. Rekoleksi diadakan di Pelangi Hotel-Resort, Gunung Geulis, Sentul (22-23/4/2017), dengan tema "Bersama Yesus Menuju Makin Adil dan Beradab".

Tujuan rekoleksi adalah membuat kita berdoa untuk berkesempatan bertemu dengan Yesus, berdialog dari hati ke hati dengan-Nya. Jika kita berbuah karena bersatu dengan Dia, serta mendapat aliran baru yang membuat kita subur, berbuah, dan berkembang.

Rekoleksi juga kesempatan untuk dapat berbincang-bincang dengan Dia, Berdoa dengan Dia, jadi bukan untuk tujuan yang lain. Yang lain adalah tambahan/pelengkap. Kita mempunyai pengalaman hidup dan menimba kedalaman hidup.

Romo Alfonsus Arpol Manik O.Carm mengajak kita untuk melihat kembali apa motivasi kita, apa semangat dasar kita. Pastinya semua itu digerakkan oleh semangat untuk bertobat. Jika digerakkan demikian, maka kita akan sungguh-sungguh lebih intim dengan Dia, seperti sungguh-sungguh membaca kitab suci, hidup doa dengan benar, menjadi pelaku firman, mau diubah oleh Sabda, dan lebih mencintai kitab suci.

"Menjadi Fasilitator Andal tentunya harus punya wawasan luas atas materi yang disampaikan, teknik memproses pertemuan, memahami prinsip andragogi (proses belajar orang dewasa)," tutur J.A. Gianto selaku Ketua Sub Sie Pemandu. Seiring berjalannya waktu, semangat dasar ini kadang kendur.

Hendaknya kita menyingkirkan hati yang gelisah/khawatir dan yang menyusahkan diri dengan banyak hal. Shienta Aswin, pemandu paroki, memaparkan dan memberikan contoh bagaimana waktu memandu di lingkungan-lingkungan dengan pelbagai perlengkapannya.

"Untuk membawa semua umat katolik kepada antusiasme iman dan dalam menghidupkan imannya, mereka dapat menjadi terbiasa dan leluasa mensharingkan satu sama lainnya."

Lihat Juga:

Seputar MBK (WM) Lainnya...

Renungan Harian

Jumat, 7 Agustus 2020

Hari Biasa Pekan XVIII (Jumat Pertama Dalam Bulan) "Jiwa, yang telah dipersatukan dan diubah dalam Allah, bernapas di dalam Allah dengan pernapasan...

Selengkapnya

Jadwal Misa Rutin

Sabtu Pukul 16:30
  Pukul 19:00
 
Minggu Pukul 06:30
  Pukul 09:00
  Pukul 11:30
  Pukul 16:30
  Pukul 19:00

Selengkapnya

Kalender Liturgi