Liturgi Pekan Suci

 Anton Sardjo  |     8 Apr 2017, 10:22

Dalam Sarasehan Liturgi yang berlangsung di Jakarta Maret lalu, Rm. H. Sridanto Aribowo, MA Lit. (Ketua Komisi Liturgi - Keuskupan Agung Jakarta) menjelaskan tentang Liturgi Pekan Suci.

Pekan suci (Holy Week) adalah pekan terakhir dalam Masa Prapaskah atau sepekan sebelum Hari Raya Paskah. Pada hari Sabtu sebelum Minggu Prapaska kelima semua patung-patung, gambar-gambar, ikon-ikon dan relief-relief ditutup dengan kain warna ungu atau merah.

Minggu Palma

Minggu Palma adalah upacara mengenangkan peristiwa Yesus memasuki kota Yerusalem sebagai Mesias dan merenungkan kisah sengsara-Nya. Dua aspek liturginya adalah: penderitaan dan kemuliaan.Minggu Palma merupakan paduan dari dua perasaan: kegembiraan dan kesedihan. Minggu Palma adalah pintu masuk Pekan Suci, dapat dirayakan pada Sabtu sore. Warna liturgi merah, lambang pencurahan darah Kristus yang masuki Yerusalem menyongsong sengsara dan wafat-Nya.

Kamis Putih

Kamis Putih sore adalah pembuka Trihari Suci Paskah. Sesudah homili, Gereja mewujudkan semangat pelayanan Kristus secara nyata dengan upacara pembasuhan kaki. Kristus datang 'tidak untuk dilayani melainkan untuk melayani'. Setelah doa Sesudah Komuni dilanjutkan dengan perarakan Sakramen Mahakudus dan tuguran. Tuguran bermakna berjaga bersama Yesus di bukit Zaitun. Warna liturgi: putih. Tidak diperkenankan lagi bunyi logam, gemerincing sukacita. Bunyi diganti dengan klotokan kayu.

Jumat Agung

Hari ini Gereja merayakan Pengenang Sengsara Tuhan. Seturut tradisi agung, Gereja pada hari ini tidak merayakan Ekaristi. Komuni suci yang dikonsekris pada Kamis Putih dan diterimakan kepada umat. Jumat Agung diadakan menjelang pukul 15.00 waktu setempat. Inilah puncak cinta Allah, yang telah menghampakan diri-Nya, mengutus Putera-Nya hidup, sengsara sampai wafat di salib untuk menyelamatkan manusia. Hari ini ditetapkan sebagai hari laku tapa dan tobat dengan kewajiban berpantang dan berpuasa bagi seluruh anggota Gereja. Warna liturgi merah.

Sabtu Suci & Vigili Paskah

Gereja menantikan kebangkitan Tuhan dengan berdoa dan berpuasa. Misa Vigili Paska/Malam Tirakatan Kebangkitan Tuhan Kita Yesus Kristus adalah Malam Pembebasan, seperti ketika bangsa Israel berjaga-jaga menantikan Tuhan yang akan lewat dan membebaskan mereka dari penindasan bangsa Mesir. Malam Tuhan lewat (pesach) melambangkan saat kebangkitan Kristus (Paskah). Inilah puncak Trihari Paska.

Perayaan berlangsung pada malam hari, dianjurkan setelah matahari terbenam dan selesai sebelum fajar hari Minggu. Warna Liturgi: putih atau kuning emas.

Minggu Paskah

Inilah hari yang diagungkan Tuhan. Paskah adalah hari raya kita. Kita dibebaskan dari dosa-dosa, bersama Kristus bangkit kepada hidup baru. Minggu Paska berlangsung sampai Pentakosta

Lihat Juga:

Serba-Serbi (WM) Lainnya...

Renungan Harian

Rabu, 8 Desember 2021

Hari Raya Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda Cintai bunda kita. Dan ia akan memperoleh rahmat yang berlimpah-limpah untuk membantumu untuk...

Selengkapnya

Jadwal Misa Rutin

Sabtu Pukul 16:30
  Pukul 19:00
 
Minggu Pukul 06:30
  Pukul 09:00
  Pukul 11:30
  Pukul 16:30
  Pukul 19:00

Selengkapnya

Kalender Liturgi