Riwayat Api Penyucian

 Maria Clarissa  |     18 Jun 2017, 04:27

Judul buku : Riwayat Api Penyucian
Pengarang : Albertus Purnomo, OFM
Penerbit : Kanisius, Yogyakarta, 2017
Tebal : 253 halaman

Riwayat Api Penyucian

Api Penyucian adalah salah satu ajaran iman yang khas dalam Tradisi Gereja Katolik. Sebagai umat Katolik, sudah seharusnya kita memiliki pemahaman yang benar tentangnya. "Riwayat Api Penyucian" adalah sebuah buku yang memberikan informasi tentang bagaimana konsep ajaran Api Penyucian itu muncul, sejarahnya hingga menjadi dogma Gereja, dan implikasinya bagi kehidupan orang beriman. Mengapa kita perlu tahu tentang semua itu? Apakah tidak cukup bagi kita untuk sekadar percaya saja?

Di bagian pendahuluan penulis menyatakan: 'kepercayaan akan sesuatu terkadang semakin diteguhkan dengan menelusuri asal-usulnya. Imanpun semakin dikuatkan ketika orang beriman semakin memahami apa yang diimaninya.' Yang ingin ditegaskan di sini adalah tentang pentingnya memahami inti dari kebenaran iman tentang ajaran Api Penyucian, dan bukan hanya mengetahui gambaran atau kisahnya saja.

Untuk sampai pada tahap itu, penulis menjelaskan bagaimana Gereja sendiri harus melewati proses yang sangat panjang dan berliku sebelum akhirnya ajaran tentang Api Penyucian dijadikan dogma Gereja pada konsili Trente. Dengan dijadikannya ajaran Api Penyucian sebagai dogma Gereja, bukan berarti perkembangan pemikiran terhadap ajaran tersebut berhenti. Di dalam buku ini, pemikiran-pemikiran baru yang digagas oleh para teolog modern juga dipaparkan. Di sini penulis ingin menunjukkan bahwa kebenaran iman memang tidak pernah berubah, namun cara memahaminya dapat berubah dan berkembang sesuai dengan konteks zaman.

Masih berkaitan dengan ajaran Api Penyucian, kita seringkali bertanya-tanya tentang berbagai hal. Misalnya, mengapa peringatan arwah beriman jatuh pada tanggal 2 November? Lalu mengapa muncul istilah indulgensi? Bagaimana pandangan agama-agama lain tentang apa yang terjadi setelah kematian? Apakah Luther menolak ajaran tentang Api Penyucian atau sesungguhnya yang ia tolak adalah penyalahgunaan terhadap ajaran tersebut? Lalu bagaimana dengan pandangan Calvinis? Semua pertanyaan di atas, dijelaskan dengan sangat sistematis dalam buku ini. Pada bagian akhir, penulis merangkum seluruh proses perkembangan pemikiran mengenai ajaran tentang Api Penyucian yang sangat kompleks dan dinamis.

Buku 'Riwayat Api Penyucian' ditulis berdasarkan hasil studi penulis terhadap berbagai tradisi maupun Kitab Suci dari pelbagai agama dan kepercayaan, sekaligus juga dari Tradisi Suci Gereja Katolik yang kemudian disampaikan dengan bahasa yang relatif mudah untuk dipahami. Maka sangat disarankan bagi kita semua untuk memiliki buku ini, supaya kita dapat memahami secara lebih mendalam salah satu kebenaran iman yang kita miliki.

Lihat Juga:

Serba-Serbi (WM) Lainnya...

Renungan Harian

Jumat, 7 Agustus 2020

Hari Biasa Pekan XVIII (Jumat Pertama Dalam Bulan) "Jiwa, yang telah dipersatukan dan diubah dalam Allah, bernapas di dalam Allah dengan pernapasan...

Selengkapnya

Jadwal Misa Rutin

Sabtu Pukul 16:30
  Pukul 19:00
 
Minggu Pukul 06:30
  Pukul 09:00
  Pukul 11:30
  Pukul 16:30
  Pukul 19:00

Selengkapnya

Kalender Liturgi