Sebuah Karya Agung Akan Diwarisi dan Terus Dikembangkan

 Rob. Purnomo  |     18 Jun 2017, 04:42

Hampir satu setengah abad lalu, seorang pedagang buku Josef Maria Bocabela, aktifis kelompok devosi St. Josef, mempunyai gagasan membangun gereja yang besar dan megah. Gagasan diutarakan sambutan dan dukungan datang. Arsitek Del Vilar membuat rancangan dan proyek pembangunan gereja Sangrada Familia di Barcelona, Spanyol itu di canangkan, pada Pesta St. Josef 19 Maret 1882. Pendanaan semata-mata mengandalkan donasi. Setahun kemudian Arsitek terkenal Antonio Gaudi mengambil alih pimpinan Proyek bergaya Gothic ini dan menyesuaikan rancangan pembangunannya.

1926 Gaudi meninggal, saat proyek baru mencapai sekitar 20%.

Sampai sekarang pembangunan gereja ini masih berjalan dan diperkirakan selesai tahun 2032. Dengan pendanaan dari penjualan tiket masuk turis yang ingin melihat gereja luar biasa ini, yang pada 7 November 2010 diberkati oleh Paus Benediktus XVI dan mendapat World Heritage Status dari Unesco. Gaudi sadar bahwa dia tidak akan melihat proyek ini selesai. Katanya, "Klien saya tidak tergesa-gesa".

Banyaknya arsitek dan seniman yang ambil bagian terlihat dari gaya relief yang berbeda-beda menghiasi dinding dan pilar-pilah gereja ini yang bergaya pohon dengan cabang-cabangnya menunjang atap.

Halaman warta minggu ini sangat terbatas, untuk infomasi lebih lengkap silakan pembaca mencari di Wikipedia atau sistus lainnya.

Sangrada Familia ini menggugah hati penulis sebagai bukti kuatnya kebersamaan. Kuatnya persatuan mencapai cita-cita bersama. Cita-cita atau tujuan yang tidak mungkin terwujut bila kita egois tidak mau berbagi dan berjalan bersama.

Apakah kita juga tidak ingin mewariskan karya kita pada generasi mendatang?

Temukan impianmu tempat kita akan mengabdi, tempat kita akan berkarya, ajak sesama kita berjalan bersama, dengan pertolongan Tuhan, tujuan akan tercapai.

Lihat Juga:

Serba-Serbi (WM) Lainnya...

Renungan Harian

Jumat, 7 Agustus 2020

Hari Biasa Pekan XVIII (Jumat Pertama Dalam Bulan) "Jiwa, yang telah dipersatukan dan diubah dalam Allah, bernapas di dalam Allah dengan pernapasan...

Selengkapnya

Jadwal Misa Rutin

Sabtu Pukul 16:30
  Pukul 19:00
 
Minggu Pukul 06:30
  Pukul 09:00
  Pukul 11:30
  Pukul 16:30
  Pukul 19:00

Selengkapnya

Kalender Liturgi