Keluargaku Sekolah Kehidupanku

 Judith Widjaya  |     26 Nov 2016, 14:09

Keuskupan Agung Jakarta kembali menyambut masa adven bersama paroki di lingkungan atau wilayah. Tema Bulan Adven atau Bulan Keluarga 2016 adalah Sekolahku Kehidupanku. Kita diingatkan kembali bersama keluarga untuk membawa semangat adven dengan membangkitkan suasana gembira, keakraban, kekompakan, komunikasi, dan sebagainya. Dalam bulan keluarga ini dapat diadakan rekoleksi keluarga, hari keluarga, atau pun aktivitas lainnya.

Keluargaku Sekolah Kehidupanku

Keluarga adalah harta yang paling berharga. Keluarga adalah sekolah tempat kita belajar banyak hal, kehidupan yang pertama dan utama. Keluarga adalah tempat nilai-nilai kehidupan yang ditanamkan melalui pengasuhan. Pengasuhan yang baik, yang positif, akan mendorong setiap anggota keluarga berpandangan positif bagi diri sendiri, keluarga, lingkungan, masyarakat.

Setiap anggota keluarga hendaknya dapat menciptakan suasana yang harmonis, penuh keakraban dan kenyamanan, kekompakan, toleransi, belas kasih, kehangatan, dan terjalin komunikasi yang baik. Berikan pujian, semangat, pelukan, yang dapat membina relasi keluarga untuk dapat lebih memahami, mendengarkan, menenangkan, dan menyenangkan.

Ciptakan pula relasi yang baik dan selalu membawa Tuhan, karena Tuhan dapat diandalkan dan memperkokoh pertumbuhan iman keluarga. Dengan membawa Tuhan, maka ada kekuatan dan semangat bagi seluruh anggota keluarga.

Dalam kitab Amsal 22:6,15-19 diingatkan kembali bahwa keluarga merupakan lingkungan yang pertama dirasakan seseorang sejak hadir di dunia dan memberikan dasar baginya bahwa ia dicintai. Keluarga menjadi tempat yang dibutuhkan setiap anggota keluarga untuk mempersembahkan diri secara terbuka dan diterima apa adanya oleh anggota keluarga lainnya. Hendaknya orang tua dapat mendidik anak-anaknya dengan penuh cinta, dengan penuh kasih, dan segenap hati, sehingga anak-anak dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik dan merasa dicintai. Hendaknya juga anak-anak memperlakukan orang tua dengan rasa peduli, perhatian, dan penuh kasih. Yang utama adalah kenakanlah Tuhan dalam setiap langkah hidup kita sehingga Tuhan menjadi landasan dan pegangan setiap anggota keluarga.

Apakah hal baik yang perlu dikembangkan dalam keluarga kita? Apakah mendengarkan, memahami, mengampuni, sudah ada adalam hidup keluarga kita? Apakah rendah hati, kehangatan, belas kasih, menghargai, toleransi, komunikasi, sudah ada di dalam keluarga kita?

Lihat Juga:

Tema Minggu (WM) Lainnya...

Renungan Harian

Minggu, 28 November 2021

Hari Minggu Adven I Dalam perayaan liturgi Adven, Gereja menghidupkan lagi penantian akan Mesias; dengan demikian umat beriman mengambil bagian dalam...

Selengkapnya

Jadwal Misa Rutin

Sabtu Pukul 16:30
  Pukul 19:00
 
Minggu Pukul 06:30
  Pukul 09:00
  Pukul 11:30
  Pukul 16:30
  Pukul 19:00

Selengkapnya

Kalender Liturgi